Sukses

Pertamina Operasikan Terminal Distribusi Oli di Kalimantan

Dengan beroperasinya Terminal Supply Point & Distribution Batakan, diharapkan ada efisiensi di sisi biaya handling pelumas

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Lubricants resmi mengoperasikan Terminal Supply Point & Distribution Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pengoperasian terminal ini untuk memperkuat distribusi pelumas Pertamina di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, dengan beroperasinya Terminal Supply Point & Distribution Batakan, diharapkan ada efisiensi di sisi biaya handling pelumas khususnya kemasan curah karena selama ini dipasok dari Gresik.

"Terminal Supply Point & Distribution Batakan akan dioperasikan oleh Pertamina Lubricants,” kata Bambang, di Jakarta, Senin (21/9/2015).

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Gigih Wahyu Hari Irianto mengatakan, terminal ini memiliki kapasitas penampungan produk dalam kemasan curah sebesar 820 Kilo Liter.

Dikatakannya, terminal Supply Point & Distribution Batakan merupakan fasilitas pelayanan pelumas Pertamina yang terintegrasi karena dilengkapi dengan instalasi pengisian Pelumas Curah, area penyimpanan drum dengan kapasitas penampungan lebih dari 8.000 drum, gudang penyimpanan yang mampu menampung lebih dari 21.000 box, fasilitas control room, workshop, laboratorium QC dan laboratorium oil monitoring (Oil Clinic).

"Kami optimistis, pengoperasian Terminal Supply Point & Distribution Batakan ini akan meningkatkan daya saing Pertamina Lubricants sehingga penetrasi pasar pelumas industri di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan dapat dilakukan dengan mudah,” tambah Gigih.

Lebih lanjut dia mengatakan, terminal ini bisa menjamin kepastian pasokan. Keberadaan fasilitas pemeriksaan kondisi pelumas akan membantu penilaian terhadap kinerja peralatan.

Produk kemasan curah yang dipasok dari Terminal Suplai Point & Distribution Batakan terdiri dari pelumas jenis Meditran S, Meditran SX CH-4 dan Meditran SX Plus CI-4, TranslikHD dan Turalik. Meditran SX Plus CI-4 merupakan pelumas mesin diesel industri putaran tinggi yang digunakan oleh alat berat dan pembangkit listrik.

Adapun, TranslikHD merupakan pelumas powershift transmissions dan hidrolik yang bermutu tinggi yang dirancang khusus untuk kendaraan off-highway & heavy duty.

Peralatan-peralatan tersebut umumnya digunakan pada industri pertambangan, konstruksi, dan pertanian. Pelumas ini banyak digunakan untuk final drives, wet clutches, danwet-disc brake.

Sementara itu, Turalik merupakan pelumas hidrolik yang diformulasikan dari base oil yang memiliki viscosity index yang tinggi dan mengandung performance additive yang lengkap untuk memberikan perlindungan terhadap keausan, mencegah terbentuknya busa, serta perlindungan karat dan korosi. (Pew/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.