Sukses

Top 5 Bisnis: Jokowi Apresiasi Jepang Garap Proyek MRT Terpopuler

Berikut lima artikel paling menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis pada Senin pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo meresmikan beroperasinya bor Antareja yang bakal digunakan untuk membuat jalur bawah tanah proyek Mass Rapid Transit (MRT). Dalam peresmian tersebut, Jokowi mengapresiasi kontraktor yang mengerjakan proyek MRT tersebut di mana sebagian besar dikerjakan oleh perusahaan asal Jepang, Shimizu dan Obayashi.

Artikel "Presiden Jokowi Apresiasi Jepang yang Kerjakan Proyek MRT" telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis pada edisi Senin, 21 September 2015. Saat ini memang proyek MRT kembali ramai, terutama dengan mulai dikerjakannya pembuatan jalur bawah tanah MRT. Indonesia pun menggebut proyek MRT tersebut yang di luar negeri lebih dikenal subway system. Artikel "Kota Mana yang Punya MRT Terpanjang di Dunia?" pun menyita perhatian pembaca di awal pekan ini.

Ingin tahu artikel mana saja yang telah menarik perhatian pembaca di kanal bisnis? Berikut lima artikel pilihannya:

1.Presiden Jokowi Apresiasi Jepang yang Kerjakan Proyek MRT

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya bor Antareja yang bakal digunakan untuk membuat jalur bawah tanah proyek MRT. Dalam peresmian tersebut, Jokowi mengapresiasi kontraktor yang mengerjakan proyek MRT tersebut di mana sebagian besar dikerjakan oleh perusahaan asal Jepang, Shimizu dan Obayashi.

2. Kota Mana yang Punya MRT Terpanjang di Dunia?

Indonesia tengah mengebut proyek MRT yang di luar negeri lebih dikenal dengan nama subway system atau jalur bawah tanah. Kebanyakan proyek ini memang dibangun di bawah tanah, termasuk untuk proyek MRT Jakarta yang ada di Indonesia. Pagi tadi juga, Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian bor raksasa Antareja yang bisa melubangi terowongan dengan kecepatan 8 meter per hari.

Indonesia ketinggalan urusan proyek ini meski sudah puluhan tahun direncanakan. Bandingkan dengan negara lain, seperti Singapura yang sudah punya moda ini sepanjang 152,9 kilometer. Atau Kuala Lumpur yang juga punya jalur kereta MRT sepanjang 56 kilometer. Nah, dari semua negara yang punya MRT, di manakah MRT yang punya rute paling panjang?

3. Jokowi Resmikan Pengoperasian Mesin Bor Proyek MRT

Presiden Joko Widodo pagi ini dijadwalkan bakal meresmikan mesin bor bawah tanah untuk menggarap proyek MRT di sekitar Patung Pemuda, Senayan, Jakarta Selatan. Dikutip dari agenda biro pers Istana Kenegaraan, Senin (21/9/2015), Jokowi akan meresmikan pengoperasian mesin bor yang didatangkan dari Jepang tersebut pada pukul 10.00 WIB. Mengingat pengoperasian mesin bor tersebut di Indonesia, mesin itu dinamai Antareja oleh PT MRT Jakarta.

4. Menkeu: Gejolak Ekonomi Saat Ini Baru Pertama Kali Terjadi 

Gejolak ekonomi global tahun ini berbeda dengan kondisi krisis di era 1998 dan 2008. Ketidakpastian ekonomi dunia pada periode 2015 disebut baru pertama kali terjadi. Demikian dikatakan Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro saat Peluncuran Obligas Negara Ritel (ORI) Seri 012 di kantornya, Jakarta, Senin (21/9/2015).

5. Alasan Jokowi Beri Nama Bor Bawah Tanah untuk MRT dengan Antareja 

Presiden Joko Widodo telah meresmikan beroperasinya mesin bor bawah tanah yang didatangkan langsung dari Jepang untuk mengerjakan proyek MRT. Meski mesin tersebut didatangkan dari Jepang, Jokowi memberi nama mesin tersebut dengan sebutan Antareja.‎ Bukan asal-asalan Jokowi memberikan nama pada mesin baja tersebut. (Ahm/Zul/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini