Sukses

Pemerintah Cari BUMN yang Mau Beli Saham Freeport

Menurutnya, saat ini sedang dilakukan kajian untuk menunjuk Perusahaan BUMN yang dapat ditugasi meningkatkan kepemilikan saham Freeport.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan meningkatkan kepemilikan saham pada PT Freeport Indonesia (PTFI), saat ini sedang dilakukan kajian terhadap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tepat untuk mengambil saham tersebut.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, saat ini kepemilikan saham Pemerintah Indonesia terhadap PTFI hanya mencapai 9,36 persen.

"Kami sedang melihat karena pada dasarnya kami itu memiliki 9,36 persen," kata Rini, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Rini mengungkapkan, Pemerintah melalui instansinya memiliki niat untuk meningkatkan kepemilikan saham pada perusahaan tambang asal Amerika Serikat yang mengeruk tembaga di Papua tersebut.

"Kami harapkan kalau ada kemungkinan untuk menaikan nanti kita akan menaikan kepemilikan BUMN," tuturnya.

Menurutnya, saat ini sedang dilakukan kajian untuk menunjuk Perusahaan BUMN yang dapat ditugasi meningkatkan kepemilikan saham Freeport Indonesia.

"Tapi memang kita sedang menganalisa BUMN mana yang secara balance sheet yang kuat untuk mengambil itu," pungkasnya. (Pew/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.