Sukses

Lantik Eselon I, Menteri Sofyan Minta Pegawainya Bekerja Teliti

Menteri PPN Sofyan Djalil ingin agar pegawainya bekerja lebih berkualitas dan tidak terpaku pada ketentuan-ketentuan birokrasi‎.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil melantik lima pejabat setingkat Eselon I di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional pada Rabu (23/9/2015). 

Dalam sambutannya, Sofyan menekankan kepada para pejabat baru tersebut untuk bekerja lebih berkualitas dan tidak terpaku pada ketentuan-ketentuan birokrasi‎. Sofyan juga meminta kepada jajarannya untuk berimprovisasi dalam bekerja.

"Untuk pejabat yang baru diangkat, kurangi pendekatan birokratif, hubungan lebih informal. Bappenas itu banyak sekali pekerjaannya, tapi kita harus kerja cepat dan lebih berkualitas," kata Sofyan di kantornya, Rabu (23/9/2015).

Sofyan juga menceritakan, saat ini ada beberapa negara yang meminta kepada Indonesia, terutama kepada Bappenas, untuk menularkan ilmu-ilmunya dalam merencanakan pembangunan sebuah negara yang lebih terstruktur.

Untuk itu, misi dirinya saat ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di internal kementerian sendiri sebelum menularkan berbagai ilmu perencanaan pembangunan ke beberapa negara.

Sofyan juga meminta kepada pejabat baru untuk memperhatikan hal-hal kecil namun mampu menimbulkan pandangan yang positif bagi kinerja Bappenas. 

"Contoh menyanyikan lagu "Indonesia Raya" tadi, itu tidak berkualitas. Harusnya sebelum musik ada intro dulu, tadi baru stel langsung nyanyi jadi baru pertengahan terdengar suaranya, jadi harus dipersiapkan lagi. Bagaimana Bappenas mengatur perencanaan negara kalau lagu 'Indoensia Raya' saja tidak dipersiapkan dengan baik?" tuturnya.

Adapun pejabat yang diberhentikan dengan hormat di Bappenas yaitu:

1. Efendi Tedjakusuma sebagai Deputi bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan
2.Nina Sardjunani sebagai Deputi bidang SDM dan Kebudayaan
3. Dedy Supriadi Priatna sebagai Deputi bidang Sarana dan Prasarana
4. Ceppie Kurniadi sebagai Staf Ahli bidang SDM dan Penanggulangan Kemiskinan
5. Umiyatun Hayati sebagai Staf Ahli bidang SDA dan Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim

Sementara itu, pejabat yang baru saja dilantik di Bappenas yaitu:

1. Arifin Rudiyanto sebagai Deputi bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah
2. Subandi sebagai Deputi bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan
3. Roni Dwi Susanto sebagai Deputi Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan
4. Pungky Sumadi sebagai Staf Ahli bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur
5. Rudy Soeprihadi Prawiradinata sebagai Staf Ahli bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.

(Yas/Gdn/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini