Sukses

Tanggapan Kementerian ESDM soal Elpiji Khusus Perempuan

Kementerian ESDM berharap pemerintah dapat melengkapi persyaratan untuk meluncurkan varian baru elpiji 5,5 Kg.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyambut baik rencana PT Pertamina (Persero) mengeluarkan varian baru elpiji 5,5 Kilo gram (Kg) yang didedikasikan untuk kaum perempuan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan rencana trersebut merupakan bentuk kreativitas Pertamina dalam menciptakan produk barunya.

"Produk kreatif Pertamina bagus. Suratnya saya belum sempat lihat baru datang dari luar negeri," kata Wiratmaja, di Kantor Direktorat Jenderal Ketenalistrikan, Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Wiratmaja berharap, Pertamina sudah melengkapi syarat yang telah ditentukan instansinya, sehingga dapat dengan cepat elpiji varian baru tersebut disalurkan ke masyarakat. "Harapannya tidak banyak hal yang harus didiskusikan karena semua persyaratan dilengkapi semua," kata dia.

Wiratmaja menambahkan, masyarakat kini memiliki pilihan beragam dengan varian tersebut. Ini dapat mengurangi konsumsi elpiji yang saat ini tidak tepat sasaran. "Kami berharap begitu juga (mengurangi penyalah gunaan konsumsi), itu semua bagus jadi mensyaratkan punya pilihan produk," tutur Wiratmaja.

PT Pertamina (Persero) akan mengeluarkan produk baru elpiji dengan ukuran 5,5 Kilo gram (Kg) untuk kalangan perempuan. Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, saat ini Pertamina sedang melakukan kajian untuk tampilan elpiji tersebut.

Rencananya elpiji dikemas dengan tabung berkelir  fuchia (pink), oren atau purple.Menurut Bambang, Pertamina masih memikirkan untuk bentuk tabung untuk elpji 5,5 Kg. Lantaran, sasaran utama elpiji tersebut adalah kaum hawa.

"Itu masih survei, terus bentuk tabungnya, mau sedikit ramping atau gemuk. Ya kami tanya customer. Tapi yang lucu, pilihan male sama female beda. Tapi karena elpiji yang sasarannya ke ibu-ibu pilihannya warna-warna itu," kata Ahmad. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Elpiji