Sukses

Idul Adha, Harga Bawang Merah Merangkak Naik

Banyaknya kebutuhan saat Idul Adha menjadikan sejumlah harga bumbu-bumbu dapur menrangkak naik.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Hari Raya Idul Adha, kebutuhan bumbu-bumbu masakan mengalami lonjakan. Hal itu dikarenakan sebagian masyarakat merayakan hari raya kurban ini dengan menyajikan hidangan-hidangan yang berbumbu.

Meningkatnya kebutuhan itu ternyata juga dibarengi dengan merangkak naiknya beberapa harga komponen bumbu dapur. Bawang merah, di pasar tradisional mengalami kenaikan Rp 2.000 per kilogram (kg). Di pasar Tegal Parang, Mampang, Jakarta Selatan, harga bawang merah naik dari sebelumnya Rp 14 ribu per kg menjadi Rp 16 ribu per kg.

"Kalau banyak yang butuh seperti saat ini harga sedikit naik sudah biasa, ini dari pasar induknya juga sudah naik," kata Siti (48), salah satu pedagang saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (24/9/2015).

Diakuinya, kenaikan harga bawang merah tersebut sudah terjadi sekitar lima hari yang lalu. Dirinya berharap, kenaikan harga bawang tersebut tidak akan terlalu tinggi. Dia juga berharap harga bawang merah bisa turun usai Idul Adha. 

Berkaca dari hari raya Idul Fitri pada akhir Juli kemarin, harga bawang merah mengalami kenaikan jelang puasa dan Lebaran. Namun harga tersebut masih tetap tinggi meskipun perayaan Idul Fitri telah usai. Bahkan, harga barang merah tersebut justru terus merangkak naik setelah Hari Raya Idul Fitri. 

Penyebab kenaikan harga bawang merah saat itu karena daerah-daerah yang biasanya menjadi lumbung bawang merah mengalami kekeringan sehingga gagal panen. 

Tak hanya harga bawang merah, sejumlah sayuran seperti tomat juga mengalami kenaikan. Tomat yang biasa di jual Rp 6 ribu per kg kini dibandrol menjadi Rp 7 ribu per kg. Sementara untuk bawang putih, harga relatif stabil di angka Rp 18 ribu per kg.

Tak jauh berbeda dengan Siti, pedagang sayuran lainnya, Kurniasih (55) mengaku meski harga sejumlah sayuran sedikit mengalami kenaikan, namun permintaan tetap tinggi, sehingga dirinya tidak terlalu mempermasalahkannya. "Jadi seimbang. Asal jangan nanti sampai selesai Idul Adha, harga tidak turun juga, itu baru berpengaruh," kata dia.

Sementara untuk harga wortel, dari sebelumnya dihargai Rp 10 ribu per kg, kini menjadi Rp 11 ribu per kg. Untuk cabai merah keriting para pedagang menjual dengan harga stabil di Rp 24 ribu per kg. Sedangkan untuk harga cabai rawit merah justru mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini