Sukses

Cara Ampuh Organisir Pekerjaan Anda

Seringkali orang terlalu sibuk bekerja namun pada akhirnya mereka tidak mendapat hasil yang signifikan akibat lalai dalam mengatur pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda pulang terlambat ke rumah dan kelelahan akibat terlalu sibuk bekerja? Namun ketika Anda ditanya mengenai apa yang sudah Anda capai dalam pekerjaan, Anda tidak tahu harus menjawab apa?

Jika hal ini terjadi pada diri Anda, satu hal yang harus diketahui adalah, Anda tidak memanfaatkan produktivitas yang Anda miliki dengan benar. Seringkali orang terlalu sibuk mengerjakan semuanya, namun pada akhirnya mereka tidak mendapat hasil yang maksimal akibat lalai dalam mengorganisir pekerjaan yang ada.

Bekerja secara produktif bukan berarti Anda harus bekerja dengan lebih lama. Justru, cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan bekerja lebih ringan, di waktu yang lebih sedikit namun dengan hasil yang lebih signifikan.

Lalu apa yang harus Anda lakukan agar mampu bekerja dengan lebih produktif? Seperti yang dilansir dari laman lifehacks.org, Sabtu, (26/9/2015) berikut adalah beberapa tips dalam mengorganisir pekerjaan Anda:

 

1. Kerjakan hal penting terlebih dahulu

7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: mix1041.cbslocal.com

Mengerjakan hal penting terlebih dahulu akan sangat membantu Anda untuk mengorganisir pekerjaan dengan lebih baik. Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini dan hanya mengerjakan semua pekerjaan yang ada. Akibatnya, banyak pekerjaan yang tertinggal dan produktivitas mereka pun semakin menurun.

Mengerjakan pekerjaan yang lebih penting juga dapat menghindari Anda menunda-nunda pekerjaan.

 

2. Mengatur batasan waktu dalam bekerja

Cara atur waktu buat yang kerja sambil kuliah (Foto: Career Realism)

Cobalah untuk mengatur batas waktu tertentu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Contohnya, apabila Anda harus menulis laporan untuk diserahkan pada klien, coba atur berapa lama Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut.


Selain dapat mendorong Anda untuk dapat bekerja dengan lebih efektif, cara ini juga sangat ampuh dalam meningkatkan produktivitas kerja.

 

3. Membagi pekerjaan dalam beberapa sesi

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadikan waktu kerja Anda lebih produktif.
Tubuh Anda memiliki mekanisme unik, akan tetapi Anda tidak boleh memforsirnya dengan waktu kerja yang terlalu lama. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa otak manusia hanya mampu bertahan efektif selama 45 menit. Oleh karena itu, akan sangat baik bagi Anda untuk melakukan istirahat teratur selama 10-15 menit setiap 45 menit sekali agar pekerjaan Anda dapat diselesaikan dengan efektif.

 

4. Menjauhkan diri dari e-mail7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan 'Email' | via: qualigence.com

Terlalu sering mengecek e-mail masuk ternyata berdampak negatif pada produktivitas kerja Anda. Cobalah untuk mengatur waktu tertentu untuk melihat kotak masuk e-mail Anda, atapun Anda juga dapat menggunakan aplikasi otomatis pengecekan e-mail.

 

5. Membuat catatan sederhana

Menulis di note ternyata punya keuntungan lebih daripada harus mengetik di laptop.
Anda dapat menulis seluruh ide yang ada di kepala Anda dalam sebuah buku catatan sederhana. ide-ide ini akan membuat pengaruh besar dalam pekerjaan.

(Vina/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini