Sukses

8 Ide Bisnis Skala Kecil Terbaik

Untuk memulai sebuah bisnis, Anda perlu sebuah ide hebat.

Liputan6.com, New York - Untuk memulai sebuah bisnis, Anda perlu sebuah ide hebat. Lalu setelahnya, tentu saja, kerja keras supaya mimpi itu bisa menjadi kenyataan.

Kalau Anda sudah memutuskan beralih profesi dari pegawai menjadi pengusaha tapi belum terpikirkan bisnis macam apa yang akan dijalankan, daftar berikut ini mungkin bisa membantu.

Seperti dilansir dari Business News Daily, Senin (28/9/2015), berikut 8 ide bisnis skala kecil terbaik yang patut Anda coba:

1. Asisten untuk para manula

Anda tidak perlu menjadi perawat berijazah untuk membantu para manula. Banyak dari mereka yang ingin menghabiskan masa tua dengan hidup sesuai keinginannya. Namun ada beberapa hal yang memang membutuhkan bantuan, seperti bayar tagihan bulanan, belanja keperluan sehari-hari, dan lainnya.

Di sinilah celah bisnis yang bisa Anda raih. Anda bisa membantu para manula supaya dapat hidup mandiri. Keluarga mereka juga pasti senang mengetahui ada orang terpercaya yang bisa membantu orang tuanya.

2. Copywriter

Setiap pemilik situs pasti membutuhkan satu hal penting ini, yaitu konten atau isi terbaru. Mesin pencari situs menyukai situs yang secara konstan memperbaharui isi dan relevansinya. Tapi banyak dari pemilik situs tidak punya waktu untuk melaksanakan itu semua.

Kalau Anda punya latar belakang di bidang menulis atau jurnalistik, maka bisa masuk dalam usaha ini. Banyak hal yang perlu ditulis dalam dunia maya, seperti isi situs, pembaharuan blog, hingga siaran pers.

3. Konsultan media sosial

Generasi sekarang memakai media sosial seperti makanan sehari-hari. Kalau Anda pengguna yang aktif, maka bisa menjadi konsultan media sosial.

Tidak dapat dipungkiri banyak perusahaan memakainya sebagai alat pemasaran, tapi kadang cara yang mereka lakukan salah. Anda bisa membantu perusahaan mengintegrasikan sosial medianya dengan kampanye, iklan, dan materi pemasaran lainnya.

4. Pemangkas keuangan atau cost cutter

Pernahkah Anda merasa tagihan telpon genggam perlahan-lahan membengkak dan tidak sesuai dengan kesepakatan provider? Anda tidak sendirian, banyak orang merasakan hal serupa.

Masalahnya, hanya sedikit orang yang mau bersusah payah menganalisis tagihan telponnya. Nah, di sinilah cost cutter berperan. Anda bisa membantu orang lain dalam memotong pengeluaran yang tidak perlu. Satu kali saja Anda berhasil membantu klien berhemat, maka reputasi ini akan segera menyebar.

5. Penerjemah

Banyak perusahaan yang tidak mampu menggaji seorang penerjemah sebagai pegawainya. Padahal, kebutuhannya tidak sepele. Perusahaan besar sekarang banyak memakai berbagai macam bahasa atau multilingual dalam berbisnis. Di sinilah peran penerjemah dibutuhkan.

Kalau Anda bisa berbahasa asing, terorganisir, dan mampu membuat rencana pemasaran yang baik, maka usaha ini dapat Anda coba.

6. Pegawai pembukuan

Saat resesi, banyak perusahaan memberhentikan karyawannya. Tapi sangat sedikit perusahaan yang bisa hidup tanpa pegawai pembukuan.

Anda yang memiliki latar belakang akuntasi bisa membuat usaha ini dan bekerja dari rumah.

7. Asisten virtual

Kalau Anda punya pengalaman di bidang administrasi tapi ingin bekerja sendiri, mungkin usaha ini patut dicoba.

Seorang asisten virtual tugasnya membantu pengusaha atau manager untuk pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu. Misalnya, membuka surat elektronik, membalas surat, membayar tagihan, dan lainnya. Semua pekerjaan ini dapat Anda kerjakan di rumah.

8. Pengasuh hewan piaraan

Anda suka dengan binatang? Anda dapat dipercaya dan terorganisir? Pekerjaan ini mungkin tepat untuk Anda.

Semakin banyak konsumen yang senang dengan hasil kerja Anda, maka usaha ini bisa berkembang pesat. Tidak ada strategi pemasaran yang baik selain rekomendasi dari konsumen yang puas. (Elsa/Ndw)

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini