Sukses

Ralali Ingin Jadi Solusi Online Marketplace

Kapitalisasi pasar B2B (business to business) sangat besar namun tantangannya juga besar.

Liputan6.com, Jakarta Didirikan tahun 2013 lalu, Ralali kian berkembang pesat menjadi online marketplace B2B di Indonesia sebagai yang pertama dan terbesar untuk produk MRO (Maintenance, Repair and Operational). 

Founder sekaligus CEO Ralali.com, Joseph Aditya, mengungkapkan, kapitalisasi pasar B2B (business to business) sangat besar namun tantangannya juga besar. Contoh tantangan tersebut antara lain rantai birokrasi yang panjang dan proses pengadaan barang-barang industri yang konvensional sehingga tidak efektif, tidak efisien, dan membebani keuangan perusahaan. 

“Kami ingin memangkas birokrasi tersebut dan membuat belanja yang konvensional menjadi modern serta lebih praktis,” terangnya di sela-sela acara Indonesia Hardware Show, JIExpo Kemayoran (17/9/2015).

Memilih masuk ke pasar B2B adalah tantangan, Demi menaklukkan tantangan tersebut, perlu kejelian melihat pasar, memahami perilaku konsumen industri, termasuk menyiapkan rencana kerja, dan eksekusi yang tepat di lapangan. 

"Menambah kategori produk dan membuat harga yang kompetitif adalah salah satu strategi yang saat ini kami gunakan. Melengkapi SKU barang industri akan mempermudah dalam mencari produk yang diinginkan. Target kami, Ralali menjadi bisnis online yang menyediakan produk industri terlengkap di Indonesia,” ujar Aditya.

Aditya melanjutkan, selain menambah kategori produk pada situs Ralali, pihaknya tetap aktif mencari vendor dan customer, antara lain dengan rutin mengikuti berbagai pameran dunia bisnis dan industri setiap bulannya, contohnya acara internasional Indonesia Hardware Show yang menjadikan Ralali sebagai rekan kerja resmi.

"Lalu, Ralali juga berusaha memperluas titik temu dengan para vendor dan customer dunia industri di Indonesia, antara lain dengan membuka kantor cabang di Cikarang, Balikpapan, dan Semarang. Melalui langkah-langkah yang kami lakukan, Ralali optimis tumbuh hingga tiga digit per tahun berbasis pada parameter-parameter yang sudah kami tetapkan, “ pungkas Aditya. 

Dalam umur yang baru sekitar dua tahun, Ralali.com sudah mencapai statistik yang menggembirakan, antara lain kunjungan 35.000 pengunjung unik setiap minggu dan portofolio lebih dari 50.000 produk industri. 

Pencapaian-pencapaian tersebut menjadikan Ralali.com sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, yang telah dipercaya oleh mitra lokal dan luar negeri untuk memberikan solusi dan pasokan untuk kebutuhan industri di Indonesia. (Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.