Sukses

El Nino Bikin Harga Beras Naik

Harga beras di pasaran naik tipis sekitar 2 persen akibat dampak psikologis dari El Nino

Liputan6.com, Kediri - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan terjadi kenaikan harga beras di pasaran meskipun tipis sekitar 2 persen. Menurut dia, kenaikan itu disebabkan dampak psikologis dari El Nino. Dia bilang kekhawatiran itu membuat pedagang menaikkan harga.

"Mungkin psikologi pasar, mungkin ada El Nino kekeringan dia coba naikkan, karena pasokan ke Cipinang normal. Semua katakan normal kata mereka. Makanya saya turun lapangan cek, ada panen apa benar," kata dia di Kediri seperti ditulis Rabu (30/9/2015).

Presiden Joko Widodo sendiri telah melakukan pertemuan dengan para pengusaha beras beberapa waktu lalu. Hasilnya, para pengusahan menyatakan jika pasokan beras masih aman.

"Kemarin pedagang semua mengatakan bahwa beras cukup," tutur Amran.

Selain itu, para pedagang juga telah berkomitmen bersama pemerintah untuk menjaga kestabilan harga beras. "Kemarin kesepakatannya adalah membantu pemerintah turunkan harga.  Menjaga stabilitas harga," ungkapnya.

Di samping itu, pemerintah juga berupaya menjaga kestabilan harga beras dengan operasi pasar. Adapun untuk tahun ini pemerintah menyiapkan sekitar 300 ribu ton untuk operasi pasar.

"Dengan kenaikan 2-3 persen sederhana, pengalaman 1994 operasi pasar lepas 90 ribu ton setahun. Presiden minta 300 ribu ton. Sampai harga betul-betul stabil. Saya kira 50 ribu turun," tandasnya. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini