Sukses

Sudirman Said: Harga BBM Tetap di Oktober

Pemerintah telah selesai mengevaluasi penyesuaian harga BBM.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah selesai mengevaluasi penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). Diputuskan, harga BBM pada bulan ini masih bertahan alias tak naik atau turun.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, setelah melakukan evaluasi mendalam, pada dasarnya harga BBM bulan ini sudah harus naik menyesuaikan kondisi penguatan kurs dolar dan harga minyak dunia yang anjlok.

"Sebetulnya Premium sedikit naik karena kursnya naik. Solar sedikit turun. Tapi kita pilih datar saja," tegas Sudirman di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Sudirman mengungkapkan, meski dari hasil evaluasi harga Premium sedikit naik dan solar turun, pemerintah memutuskan harga Premium dan solar tetap. Dengan demikian, harga Premium tetap Rp 7.300 untuk wilayah penugasan atau luar Jawa, Madura dan Bali (Jamali) dan Rp 7.400 untuk di wilayah Jamali.

Untuk harga solar ada di angka Rp 7.900 per liter, namun pemerintah memberikan subsidi tetap sebesar Rp 1.000 per liter sehingga harga solar di pasaran menjadi Rp 6.900 per liter.

Sementara itu, harga minyak dunia pada September ini rata-rata ada di angka US$ 40 per barel. Harga tersebut menurun jika dibandingkan periode Juni 2014 yang masih di atas angka US$ 100 per barel. Penurunan harga minyak dunia ini terjadi karena berlimpahnya pasokan minyak mentah di dunia.

Patokan pembentukan harga BBM lain adalah nilai tukar rupiah yang mengalami penurunan yang cukup tajam. Mengutip kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), nilai tukar rupiah melemah menjadi Rp 14.728 per dolar AS pada perdagangan Selasa kemarin dibanding perdagangan Senin yang berada di level Rp 14.696 per dolar AS (Pew/Zul)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini