Sukses

Kisah Dua Sahabat Bangkitkan Bisnis Kartu Ucapan

Tania Larasati dan Maria Juliana, mencetuskan ide untuk membuat bisnis kartu ucapan dengan konsep pop up di bawah label Pop Your Heart

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi yang kian berkembang membuat orang semakin mudah untuk berkomunikasi. Hal ini pun berdampak pada penyampaian ucapan yang kini jadi lebih mudah.

Apabila dulu kita harus membeli kartu ucapan untuk menyampaikan berbagai ucapan spesial, kini cukup dengan mengirim pesan singkat via sms ataupun e-mail, dan ucapan yang ingin disampaikan dapat dengan mudahnya tersampaikan kepada orang yang kita tuju.

Nah, momen yang spesial itu pun akhirnya terasa biasa saja karena ucapan yang dulu dikemas begitu bagusnya kini hanya berbentuk rangkaian kata yang dikirim via pesan singkat dengan mudah, dan terkesan tak butuh usaha ekstra.

Berniat untuk mengembalikan momen tersebut, dua sahabat Tania Larasati dan Maria Juliana, mencetuskan ide untuk membuat bisnis kartu ucapan dengan konsep pop up di bawah label Pop Your Heart. Bisnis yang mereka bangun ini diharapkan dapat menjadi penggerak bagi masyarakat untuk kembali memaknai momen spesial yang mereka alami.

"Menurut kita, suatu ucapan itu sangat personal touch banget, dan kalau dibikin jadi kartu ucapan atau frame jadi bisa disimpan lebih lama," tutur Maria kepada Tim Liputan6.com beberapa waktu lalu

Dengan modal awal sebuah printer seharga Rp 5 juta, bisnis yang mereka bangun sejak tahun 2012 ini pun berjalan mulus. Tidak tanggung-tanggung, omzet hingga Rp 80 juta mampu mereka kantongi setiap bulannya. Cukup besar untuk bisnis yang baru dirintis.

Sebelumnya, Tania Larasati atau yang akrab disapa Anya ini hanya mempromosikan kartu ucapan hasil karyanya via sosial media instagram. Tidak disangka, peminatnya pun banyak dan pesanan mengalir. Ia pun akhirnya menggandeng Maria Juliana sebagai rekan bisnisnya.

Konsep pop up yang mereka kedepankan mengangkat kreasi buatan tangan (handmade) berbentuk dua lapis kertas tertutup, yang saat dibuka akan memunculkan efek tiga dimensi yang sangat menarik.

Soal harga, kartu ucapan karya Pop Your Heart ini dibanedrol dari harga Rp 75 ribu hingga Rp 1,5 juta rupiah. Selain berbentuk kertas, mereka pun menawarkan karya pop up berbentuk ucapan yang dikemas dalam bentuk bingkai. Untuk jenis ini mereka membanderol dari harga Rp 350 ribu hingga Rp 1,5 juta rupiah.

Usaha yang mereka jalani tidak luput dari tantangannya tersendiri. Ketika ditanya, Maria mengaku, tantangan terbesar justru datang dari konsumen yang ingin konssep yang bermacam-macam. tapi pada akhirnya, mereka mampu memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.

Dibantu dengan 9 orang pegawai, Pop Your Heart kini semakin lebar mengepakkann sayap bisnisnya. Terbukti, produk kartu ucapannya pun kini sekarang sudah mampu didapat di beberapa pusat pusat perbelanjaan di Jakarta.

Mereka berharap bisnisnya dapat terus berkembang seiring perkembangan waktu.

"Kalau harapannya, pengen jadi spesialis pop up sih, jadi kalau cari pop up tau harus kemana. Jadi ga harus selalu kartu, kalo mau bikin apapun yang pop up jadi bisa pesen ke kita." tutur Maria. (Vin/Zul)

 

Simak videonya di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.