Sukses

Elpiji Kaum Hawa Ringankan Beban Masyarakat, Kenapa?

Elpiji 5,5 kg dapat melengkapi ukuran Elpiji yang ada saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan mengeluarkan varian baru Elpiji dengan berat 5,5 kilogram (kg) yang rencananya dikhususkan untuk kaum hawa. Rencana Pertamina ini didukung oleh pengamat energi karena bisa meringankan beban masyarakat.

Analis Energi dari Bower Group Asia, Rangga R Fadillah mengatakan, keberadaan Elpiji yang didedikasikan untruk kaum hawa tersebut akan memberikan kesempatan masyarakat untuk mengkonsumsi elpiji non subsidi dengan harga yang lebih murah. Pasalnya, selama ini varian yang disediakan oleh Pertamina adalah ukurang yang cukup besar yaitu 12 kg. 

Dengan adanya Epiji varian baru dengan ukuran 5,5 kg ini maka harga yang ditawarkan jelas lebih murah jika dibandingkan dengan Ekpiji 12 kg. 

"Dengan adanya varian 5,5 kg ini memberi tambahan pilihan bagi konsumen kelas menengah yang daya belinya sebenarnya belum menjangkau elpiji 12 kg," kata Rangga, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Dari sisi produsen yaitu Pertamina, adanya Elpiji 5,5 kg tersebut adalah strategi yang baik. Pasalnya dapat melengkapi ukuran Elpiji yang ada saat ini, yaitu elpiji subsidi 3 Kg, non subsidi 12 Kg, dan non subsidi 50 Kg. Dengan begitu, produk elpiji Pertamina semakin kuat.

"Itu strategi yang bagus untuk menangkap potensi pasar yang berada di tengah-tengah 3 kg dan 12 kg," tuturnya.

Ia memperkirakan, kehadiran Elpiji 5,5 kg akan diterima di masyarakat, seperti varian baru BBM Pertalite, dengan Kadar Oktane 90 yang melengkapi jajaran produk BBM Pertamina. "Perkiraan saya, elpiji varian baru ini bakalan diterima positif oleh masyarakat seperti bensin pertalite," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pertamina sedang mempersiapkan peluncuran varian baru elpiji non subsidi ukuran 5,5 kg yang ditujukan untuk kaum hawa. 

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, saat ini Elpiji yang akan dibungkus dengan tabung warna-warni tersebut masih dipersiapkan untuk diluncurkan ke masyarakat. "Masih persiapan," Kata Bambang saat berbicang dengan Liputan6.com. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengungkapkan, persiapan yang dilakukan Pertamina adalah menyediakan pasokan dan sistem penyaluran Elpiji yang ukuran tabungnya lebih kecil dari tabung elpiji non subsidi 12 kg tersebut. "Kami masih persiapkan volume produk dan jalur distribusinya," papar Wianda.

Sementara itu, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyambut baik rencana Pertamina mengeluarkan varian baru Elpiji 5,5 kg yang didedikasikan untuk kaum wanita.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, rencana trersebut merupakan bentuk kreatifitas Pertamina dalam menciptakan produk barunya.

Wiratmaja berharap Pertamina sudah melengkapi syarat yang telah ditentukan instansinya, sehingga bisa diengan cepat Elpiji varian baru tersebut disalurkan ke masyarakat. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Elpiji