Sukses

5 Cara Hemat Duit Saat Libur Akhir Pekan

Selain dapat berkumpul bersama keluarga, Anda pun dapat memilih menghabiskan waktu libur Anda untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk bersantai dan mengasingkan diri sejenak dari pekerjaan yang melelahkan. Selain dapat berkumpul bersama keluarga, Anda pun dapat memilih menghabiskan waktu libur Anda untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

Namun, tidak jarang kegiatan yang dilakukan ketika libur tersebut membutuhkan uang yang tidak sedikit. Hal ini tentu sangat memusingkan, terutama bagi Anda yang harus berhemat demi membeli keperluan lain yang dirasa lebih perlu.

Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata Anda tetap dapat berlibur dan mendapatkan pengalaman menyenangkan bersama keluarga dengan tidak harus menghabiskan biaya yang cukup banyak. Lalu apa saja jenis kegiatan yang dapat Anda lakukan?

Seperti yang dikutip dari laman Cheatsheet, Minggu (4/10/2015), berikut adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi akhir pekan:

Mengunjungi Museum 

Jarang atau mungkin masih terlalu sedikit. Akhir pekan dengan mengunjungi museum dapat menghemat isi dompet Anda. Selain tidak memerlukan biaya yang besar, Anda dapat memperoleh serta me-refresh pengetahuan Anda dengan mengunjungi museum.

Taman kota

Sambil berolah raga, sejumlah taman kota menawarkan lokasi untuk berlibur bersama keluarga. Meskipun menggunakan fasilitas publik, tidak ada salahnya Anda berinteraksi secara sosial dengan lingkungan publik.

Mengunjungi kerabat

Kegiatan akhir pekan yang satu ini kemungkinan besar lebih hemat dan malah beberapa tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Sekedar berbasa-basi, mengobrol, dan bertukar cerita dengan kerabat keluarga, sahabat, atau teman dirumahnya akan membuat hubungan semakin akrab.

Kuliner kaki lima

Bagi yang sudah terbiasa, menikmati kuliner pinggir jalan atau yang kerap dikenal dengan kaki lima, bisa menjadi alternatif kegiatan akhir pekan yang murah meriah. Terlebih lagi bila Anda termasuk dari salah satu mereka yang update media sosial. Sekali-sekali foto dan upload jalan-jalan kuliner kali lima Anda di social media.

Bukan tidak mungkin suatu saat rekan-rekan Anda mengajak berkumpul di lokasi kaki lima yang Anda informasikan. Bahkan mungkin sang pemilik kaki lima akan memberikan Anda diskon untuk kunjungan selanjutnya atau mungkin gratis karena sudah mempopulerkan tempat jualannya.

Membersihkan rumah

Selain berolahraga, berakhir pekan dengan membersihkan rumah Anda dapat memberikan rasa nyaman di rumah, terutama setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Cobalah untuk merapikan interior ataupun eksterior rumah Anda, sehingga terlihat lebih menarik dan memberikan rasa nyaman.

(Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.