Sukses

Hindari 7 Hal ini Agar Tetap Produktif di Akhir Pekan

Tak jarang, kita memanfaatkan waktu akhir pekan dengan bermalas-malasan dan melakukan kegiatan-kegiatan yang buruk bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan akhir pekan adalah saat berharga untuk meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Akhir pekan juga momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. 

Anda juga bisa menggunakan waktu akhir pekan untuk melupakan pekerjaan di kantor dan melakukan kegiatan kegemaran anda. Jika anda menyukai memiliki kegemaran tertentu, tidak ada salahnya anda memanfaatkan waktu akhir pekan untuk berkumpul bersama teman yang memiliki hobi sama dengan anda.

Namun, tak jarang dari kita yang menggunakan waktu akhir pekan dengan tidak melakukan kegiatan apapun. Sebab selama hari kerja, kita biasanya terdorong untuk menjalani gaya hidup yang disiplin.

Pergi ke kantor di pagi hari dan tidak mampu melakukan kegiatan lainnya yang dapat membahayakan jadwal kerja. Kegiatan monoton selama sepekan itulah yang terkadang membuat kita kelelahan baik secara fisik maupun mental sehingga kita melampiaskannya dengan bermalas-malasan dan melakukan kegiatan-kegiatan yang buruk bagi kesehatan.

Lalu apa yang sebaiknya tidak Anda lakukan sehingga akhir pekan Anda tetap produktif? Seperti yang dilansir dari laman CheatSheet.net, Minggu (4/10/2015), berikut beberapa hal yang seharusnya Anda hindari ketika akhir pekan:

1. Bangun siang

Ketika kamu bangun tidur (Via: fastcompany.com)

Sebagian besar dari kita melampiaskan jam beristirahat selama hari kerja dengan tidur lebih lama pada akhir pekan. Siklus tidur tidak dapat dikompensasikan seperti itu. Hal itu hanya membingungkan jam biologis anda.

2. Berolahraga berat

Berolahraga berat hanya pada akhir pekan tidak akan membantu anda untuk menurunkan berat badan atau menjaga kebugaran badan. Cara terbaik untuk membuat badan tetap fit adalah berolahraga rutin setiap hari meski dengan intensitas yang ringan.

3. Berpesta hingga larut malam

Klub malam Air, Amsterdam (Foto: http://www.theguardian.com/)
Memang tidak ada larangan bagi anda untuk melakukan kegiatan ini. Namun, berpesta sepanjang akhir pekan bisa membuat tubuh dan pikiran anda tertekan. Dampaknya, anda akan merasa kelelahan ketika hari kerja tiba.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Begadang

4. Makan sembarangan

Hal lain yang bisa mengganggu kesehatan anda adalah mengkonsumsi makanan sembarangan. Tidak jarang di antara kita yang tergoda untuk menyantap makanan junk food di akhir pekan. Maka dari itu, cobalah untuk menyertakan menu sehat seperti jus dan sayuran.

5. Stres karena terlalu bersantai

Terlalu santai di akhir pekan terkadang dapat membuat kita merasa stres. Oleh karena itu, lakukan kegiatan kesukaan anda atau sekadar berkunjung ke rumah teman anda untuk bercengkrama bersama. 

6. Bermalas-malasan 

Hanya karena akhir pekan, tidak berarti anda bermalas-malas sepanjang hari. Ada begitu banyak yang anda harus dilakukan pada akhir pekan. Jadi, mengapa anda membuang-buang waktu dengan bermalas-malasan?

7.Begadang

17 Masalah Ini Sangat Diketahui Orang yang Sering Begadang
Kebanyakan orang menggunakan waktu akhir pekan untuk begadang. Jika anda juga sering melakukannya, sebaiknya segera dihentikan. Selain dapat membuat anda bermalas-malasan keesokan harinya, begadang juga membuat kinerja anda loyo di hari Senin. (Vna/NDw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini