Sukses

Kepala Bappenas: RI Sedang Dirantai Berbagai Regulasi

Kepala Bappenas, Sofyan Djalil akan mengirimkan surat edaran kepada Kementerian/Lembaga untuk menilai sejumlah regulasi yang tidak efektif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengungkapkan saat ini Indonesia tengah dibelenggu oleh regulasi. Hal inilah yang dianggap Sofyan menjadi faktor yang mempersulit Indonesia untuk jadi lebih maju.

Sofyan menuturkan, Indonesia harus meniru apa yang dilakukan oleh Korea Selatan‎ untuk menjadi negara maju. Korea Selatan dalam waktu satu tahun telah memangkas regulasi mencapai 50 persen.

"Indonesia itu sedang dirantai berbagai regulasi, akibatnya biaya ekonomi mahal, pertumbuhan ekonomi tidak bisa didorong lebih cepat, inisiatif masyarakat terbatas, biaya jadi mahal di masyarakat," kata Sofyan dalam acara Peluncuran Buku Strategi Nasional ‎Reformasi Regulasi di kantornya, Selasa (6/10/2015).

Sofyan menjelaskan, pada periode 15 tahun terakhir pemerintah telah menerbitkan 12.471 regulasi. Dari total tersebut paling banyak peraturan yang diterbitkan setingkat menteri, yakni 8.331 regulasi, selanjutnya peraturan pemerintah sebanyak 1.386 regulasi.

Sementara di tingkat daerah, periode 10 tahun terakhir terdapat 3.177 Peraturan Daerah (Perda) tingkat provinsi dan 25.575 perda tingkat kabupaten/kota.‎ Untuk itu, Sofyan mengaku akan mencoba mengusulkan penyederhanaan berbagai peraturan tersebut melalui instansinya.

"Bahkan saya pernah mendapat laporan dari asosiasi ekspor mereka itu waktunya habis untuk melawan birokrasi, daripada melakukan kegiatan ekspornya ke luar negeri," tegas Sofyan.

Untuk mengurangi regulasi yang berlebihan tersebut, dirinya akan mengirimkan surat edaran kepada seluruh Kementerian/Lembaga di pemerintahan untuk melakukan self asssement atau penilaian di masing-masing kementeriannya. Nantinya melalui penilaian ini dapat diketahui berapa banyak regulasi yang tidak efektif.(Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sofyan Djalil adalah seorang tokoh negara yang berulang kali menduduki jabatan menteri sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono
    Sofyan Djalil adalah seorang tokoh negara yang berulang kali menduduki jabatan menteri sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono

    Sofyan Djalil

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Regulasi

Video Terkini