Sukses

Tips Dahlan Iskan untuk Pengusaha di Masa Sulit

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan merupakan pengusaha yang sukses membangun gurita bisnisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan bisa disebut sebagai salah satu contoh pengusaha yang sukses membangun gurita bisnisnya. Dia menjadi tokoh di balik kesuksesan Jawa Pos Group.

Namun di masa sulit seperti ini di mana ekonomi Indonesia dan dunia mengalami perlambatan, menurut Dahlan, semua pengusaha di berbagai sektor pasti mengalami kesulitan. Namun ada satu hal yang perlu dipegang teguh oleh pengusaha, yaitu kekompakan tim di dalam perusahaan.

"Untuk para pengusaha, bangun tim itu sulit. Jangan sampai perusahaannya tutup kemudian tim yang sudah dibangun itu bubar," ujarnya di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Dia mengungkapkan, untuk menghindari penutupan perusahaan, maka pengusaha secepat mungkin harus mengambil langka efisiensi di berbagai bidang.

"Saya sarankan ayo lakukan efisiensi apapun, penting jangan sampai perusahaannya tutup. Dengan tujuan tim yang kita bangun lama dan mahal itu bubar. Kekayaan tim ini tidak ternilai harganya," kata dia.

Dahlan mengungkapkan, sektor swasta sangat penting untuk tetap dipertahankan. Pasalnya swasta lah yang menjadi motor penggerak perekonomian di suatu negara. Sedangkan peran pemerintah hanya sebagai regulator yang menjaga kegiatan ekonomi tersebut berjalan sesuai dengan cita-cita bernegara.

"Tidak perlu tergantung pada siapapun, pada pemerintah. Tidak usah ngomel-ngomel, kita perbaiki internal kita. Saatnya melihat ke dalam. Kita komuniaksi dengan orang-orang di lapangan, di perusahaan. Sekarang saatnya para direktur tidak buat keputusan sendiri, direktur harus dengarkan orang di lapangan," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini