Sukses


AEON Mall Mulai Konstruksi di Jakarta Garden City

Perusahaan ritel asal Jepang, AEON Mall memulai konstruksi mal keduanya di Indonesia yang berlokasi di Jakarta Garden City.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan ritel asal Jepang, AEON Mall memulai konstruksi mal keduanya di Indonesia yang berlokasi di Jakarta Garden City. Sebelumnya, AEON Mall telah dibangun dan beroperasi di BSD City, Tangerang.

Presiden Direktur PT AEON Mall Indonesia, Ryuma Okazaki mengatakan pihaknya telah membeli lahan seluas 8,5 hektare dari PT Modernland Realty Tbk (MDLN) untuk dibangun AEON Mall. Pengerjaan konstruksi sudah dimulai, dan ditargetkan beroperasi pada 2017.

” Meski perekonomian Indonesia dipengaruhi oleh tren ekonomi dunia dalam beberapa sektor, namun kami yakin dengan pertumbuhan industri ritel di Indonesia,” kata Ryuma Okazaki saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (8/10/2015).

AEON Mall adalah operator pusat perbelanjaan terbesar dengan pengembang dari Jepang yang telah mengoperasikan lebih dari 150 mal di 5 negara seperti, Jepang, Cina, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia. Di Indonesia, AEON Mall telah beroperasi di bawah PT AEON Mall Indonesia sejak Oktober 2012.

AEON Mall Jakarta Garden City memiliki luas bangunan 135 ribu meter persegi dengan total area bersih yang akan disewakan (Nett Lease Area-NLA) seluas 71 ribu meter persegi, serta areal parkir yang mampu menampung  total 3.000 kendaraan.

Mal ini akan terdiri dari empat lantai ruang ritel yang dapat mengakomodasi sekitar 200 penyewa. Beberapa penyewa berasal dari Jepang, termasuk AEON General Merchandising Store sebagai anchor tenant. AEON Mall Jakarta Garden City menargetkan pasar kelas menengah, sehingga tidak akan ada brand-brand mewah.

” Kami akan memastikan AEON MALL akan memenuhi semua standar kebersihan dan keamanan yang sama dengan mal yang ada di Jepang, ” kata Ryuma Okazaki.

Nilai Investasi

Disinggung nilai investasi untuk pembangunan AEON Mall di Jakarta Garden City, dia enggan menjawab.

Namun, menurut Oscar J. Tavera, Komisaris Modernland Realty, lahan seluas 8,5 hektare dibeli AEON Mall dari perseroan pada 2013 dengan nilai sekitar US$ 45 juta.  

”Itu baru lahan saja, belum termasuk konstruksi,” kata Oscar yang dikonfirmasi Liputan6.com.

Presiden Direktur PT Mitra Sindo Sukses, Andy K Natanael, selaku pengembang Jakarta Garden City mengata investasi langsung. Dimana AEON Mall membeli lahan, dan bukan joint venture.

“Sempat ada yang meragukan, namun ini bukti bahwa AEON Mall benar-benar masuk ke Jakarta Garden City. Ketika nanti beroperasi pada 2017, saya yakin harga properti di sini akan naik, apalagi pasar properti diprediksi akan booming pada 2017,” jelas Andy.

Developer akan terus membangun fasilitas di Jakarta Garden City seperti hotel dan apartemen. Selain terus menarik investasi lain seperti RS Mayapada yang juga segera dibangun. Jakarta Garden City adalah perumahan skala kota (township) seluas 370 hektare yang terletak di Cakung, Jakarta Timur.

Township ini dikembangkan PT Mitra Sindo Sukses, anak usaha PT Modernland Realty Tbk. Nantinya, Jakarta Garden City akan menjadi jalan utama yang menghubungkan kawasan Kelapa Gading di Jakarta Utara dan Harapan Indah di Bekasi.

Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana menyatakan dukungan terhadap pembangunan AEON Mall di Jakarta Garden City. Dia berharap kehadiran mal asal Jepang itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta Timur yang masih tertinggal dibanding kota lain di Jakarta.

Menurut dia, di wilayahnya banyak sekali industri dan produk kerajinan rakyat yang diharapkan dapat masuk dipasarkan di AEON Mall. “Selain akan membuka lapangan kerja yang besar bagi warga Jakarta Timur, sehingga geliat ekonomi masyarakat akan meningkat,” kata Bambang. (Rinaldi/Ndw)

Reporter: Muhammad Rinaldi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini