Sukses

ABB Bangun Pabrik Alat Listrik di Tangerang

Switchgear yang diproduksi akan mendukung distribusi energi listrik secara efisien dan andal dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik

Liputan6.com, Jakarta - Produsen teknologi ketenagalistrikan dan otomatisasi asal Swiss PT ABB Sakti Industri meresmikan fasilitas pabrik Insulated Switchgear (AIS) tegangan menengah di Tangerang. Pembangunan pabrik ini dalam rangka memenuhi kebutuhan distribusi energi.

Country Managing Director ABB di Indonesia, Richard Ledgard mengatakan, pabrik baru ini akan memproduksi AIS tegangan menengah.

"Ini bagian dari rencana investasi perusahaan sebesar US$ 20 juta yang termasuk di dalamnya pembangunan pabrik produk listrik tegangan rendah di Cibitung dan telah diresmikan tahun lalu," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Indonesia, menurut Richard, adalah negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dan memiliki kekuatan ekonomi yang terus berkembang dan diperhitungkan secara global. Switchgear yang diproduksi di pabrik baru akan mendukung distribusi energi listrik secara efisien dan andal dalam rangka memenuhi kebutuhan energi listrik.

"Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, pabrik baru ini berfungsi sebagai titik suplai yang memegang peranan penting di tingkat regional. Fasilitas produksi yang canggih akan membantu peningkatan kebutuhan konsumen di sektor distribusi energi, secara global," kata dia.

Fasilitas produksi seluas 3.700 meter persegi yang terletak di Tangerang ini, lanjut Richard, akan memproduksi rangkaian produk [AIS tegangan sedang](2116549 ""), seperti UniSwitch, UniSec, UniGear dan UniGear Digital, yang merupakan inovasi produk switchgear tegangan menengah paling inovatif.

"Pabrik semi otomatis ini dirancang untuk menjalankan proses produksi yang efisien dengan kapasitas mencapai 4.000 panel switchgear per tahun. Saat ini, lebih dari sejuta panel AIS buatan ABB telah digunakan di lebih dari 100 negara di sektor galangan lepas pantai, kapal pengangkut dan tambang LNG, kapal pesiar, industri manufaktur, gardu induk, pembangkit listrik," jelasnya.

Fungsi switchgear dalam sebuah sistem energi listrik adalah mengendalikan, melindungi dan mengisolasi peralatan listrik untuk menjaga kestabilan suplai listrik.

Unit bisnis Medium Voltage Products ABB menghadirkan teknologi distribusi listrik yang aman, andal dan pintar bagi pelanggan utilitas, industri dan komersial. (Dny/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.