Sukses

RI Berperan Jadi Jembatan Negara Importir dan Eksportir Minyak

Staf khusus Menteri ESDM, Widyawan Prawiraadmaja mengatakan, Indonesia akan ditetapkan jadi anggota OPEC pada Desember 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi jembatan negara pengimpor dan pengekspor minyak karena telah menjadi anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said Indonesia telah kembali menjadi anggota OPEC, meski tak lagi memiliki sumber daya minyak melimpah, Indonesia bisa mengakomodir negara importir dan eksportir minyak dalam lembaga tersebut.

"Kami diharapkan jadi jembatan dari fosil dan pembeli fosil," kata Sudirman,dalam pengumuman paket kebijakan Kementerian ESDM, di Kantor Direktorat Jenderal Ketenaga Listrikan, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Staf Khusus Menteri ESDM Widyawan Prawiraadmaja menambahkan, dalam forum OPEC bertekad membuat harga minyak dunia menjadi normal, sehingga saling menguntungkan antara penjual dan pembeli.

"OPEC sekarang lebih tekankan pangsa pasar atau malah tingkatkan dari swing menjadi based. Di harga dukung negara lain bisa masuk ke pasar boleh masuk. Tapi harga turun. Maka yang cut itu adalah negara yang produksi tinggi. Dengan demikian harga minyak akan fair," tutur Widyawan.

Widyawan mengungkapkan, Indonesia akan ditetapkan menjadi anggota OPEC pada Desember mendatang, bersamaan dengan penyelengaraan sidang OPEC.

"Akan ada pertemuan formal Desember akan undang dan hadir. Persiapannya: setiap OPEC lakukan sidang, tentu akan ada statement, announcement, terutama kondisi pasar yag dilakukan OPEC," pungkas Widyawan. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo
    Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo

    Sudirman Said

  • OPEC

Video Terkini