Sukses

5 Tips Jitu Jadi Pengusaha Sukses

Seorang pengusaha memliki kemampuan untuk menghasilkan ide baru, solusi yang lebih baik, dan pelopor inovasi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengusaha memliki kemampuan untuk menghasilkan ide baru, solusi yang lebih baik, dan pelopor inovasi. Para pengusaha paling sukses adalah mereka yang paling inovatif.

Jika Ada tidak memompa ide kreatif Anda, maka Anda akan sulit menjadi pengusaha sukses. Kabar baiknya Anda tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa cara supaya Anda makin kreatif, dilansir dari Entrepreneur, Jumat (9/10/2015):

1. Mencari pola

 

Ilustrasi Pengusaha (Liputan6.com/Johan Fatzry) 

Apophenia adalah kemampuan untuk memahami pola yang bermakna dalam data acak. Sifat ini sangat menonjol di antara para pemikir inovatif. Sengaja mencari pola, menghubungkan antara variabel untuk melihat susuatu yang baru.

Kemampuan untuk memprediksi atau meramalkan sebuah masalah sangatlah penting. Inovator besar bisa melihat benang halus dan merajutnya menjadi sebuah prediksi.

 

2. Para pemalas

Bill Gates | via: myfirstclasslife.com 

Bill Gates mengatakan, "Saya memilih orang malas untuk melakukan pekerjaan yang sulit. Karena orang yang malas akan menemukan cara mudah untuk melakukannya."

Orang malas akan mencari cara terbaik dan termudah untuk menyelesaikan sebuah proyek. Sikap tersebut bisa termasuk ke dalam efisiensi. Para inovator hidup dengan pepatah, "Kerja cerdas, tidak kerja keras."

Mereka tidak hanya berusaha untuk menciptakan produk terbaik, tetapi juga proses terbaik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hobi Mencatat


3. Hobi mencatat

 

 17 Buku Agenda Penuh Warna yang Bikin Hidupmu Lebih Terarah

 

Memori sadar kita sulit mengingat secara ak durat. Untuk memastikan mereka dapat mengakses informasi penting, para inovator besar selalu menulisnya dalam sebuah buku catatan. Pada saat kematiannya, Thomas Edison meninggalkan 3.500 notebook.

Richard Branson mengungkapkan bahwa buku catatan adalah kuncinya meraih kesuksesan. Dia selalu bertanya kesan-kesan dari para penumpang pesawat serta awak kabin dan menggunakan informasi tersebut untuk berinovasi.

Ide brilian dapat muncul di mana saja. Mungkin saat menunggu pesanan kopi Anda ide tersebut terlintas, catat sebelum Anda lupa.


4. Berteman dengan ketakutan

 Foto Ilustrasi

Pendiri Kidrobot and Ello, Paulus Budnitz mengatakan bahwa inovasi mengubah hubungan Anda dengan ketakutan.

"Setiap satu usaha saya yang sukses, maka saya telah menghadapi kebangkrutan, kehilangan karyawan penting, atau bangkrut di tengah jalan. Namun ketakutan membaut Anda menyadari bahwa pentingnya saling peduli dengan rekan kerja, dan berkkomitmen untuk memecahkan masalah secara bersama - sama," kata Paulus.

Ketakutan berpengaruh terhadap kesuksesan dan inovasi. Menerima rasa takut lebih baik dari pada melawannya.

 

5. Terus berinovasi

 9 Barang berinovasi tinggi yang wajib kamu miliki tahun ini | Via: 9gag.com

 

Apakah Anda pernah mendengar pepatah, "Mengapa memperbaikinya jika tidak rusak?" Inovator besar tidak memnpraktekkan pepetah tersebut. Mereka terus-menerus berinovasi.

CEO Selfie Stick Gear, Alynah Patel mengatakan kunci untuk tetap maju dan menjadi pelopor dalam bisnis Anda adalah menggunakan motto, "Ini selalu bisa lebih baik."

Daripada menunggu masalah dan kemudian mencari solusi, inovator besar menemukan cara untuk memastikan masalah tidak pernah ada. (Ilh/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.