Sukses

Pengusaha Muda Harus Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pemerintah mendorong keterlibatan para pengusaha muda dalam pengembangan industri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan bahwa para pengusaha muda merupakan salah satu andalan utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pengembangan industri di Tanah Air. Karakter pelaku usaha muda yang gigih diyakini mampu menggarap peluang bisnis yang ada.

Saleh menjelaskan, pada dasarnya pemerintah mendorong keterlibatan para pengusaha muda dalam pengembangan industri. Selain menggarap industri berorientasi ekspor, diharapkan pengusaha muda juga mengembangkan industri kreatif kecil dan menengah di daerah-daerah.

"Anak-anak muda sekarang itu cerdas-cerdas, terbuka melihat peluang. Hambatan modal dan teknologi dapat disiasati dengan bermitra dengan usaha yang lebih besar atau membangun konsorsium usaha," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Menurut Saleh, agresivitas para pengusaha muda merupakan keunggulan dalam membuka usaha baru atau rintisan (start-up). Pengusaha muda di daerah juga dinilai memahami potensi daerahnya masing-masing dan selanjutnya dapat memaksimalkan industri berbahan baku lokal.

Hal ini menjadi strategi yang efektif dalam mempertahankan eksistensi, daya saing industri, serta upaya berkelit dari ketergantungan terhadap bahan baku impor.

Saleh menyatakan, peluang usaha tersebut tidak akan dapat berdampak jika para pelaku industri tidak memanfaatkan pasar yang telah ada maupun mencari pasar tujuan ekspor baru, misalnya Timur Tengah, Afrika, Eropa Timur, dan Amerika Latin.

Sementara itu, akuisisi terhadap usaha maupun industri yang melemah daya saingnya menjadi momentum yang tepat dilakukan pada saat ini. Langkah ekspansi ini juga turut mempertahankan lapangan kerja sehingga bermanfaat bagi karyawan.

Paket-paket stimulus kebijakan ekonomi, kata Saleh, juga menjadi momentum pengusaha muda untuk terus mengembangkan usaha.

"Pemerintah berperan aktif, konkret dan strategis dalam memberikan dukungannya guna mewujudkan peluang-peluang tersebut melalui fasilitas fiskal dan nonfiskal. So, it’s time to invest," tandasnya. (Dny/Gdn)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini