Sukses

4 Menteri Bakal Hadiri Forum Pembangunan Kota Cerdas

Ada sekitar 35 pembicara di level direktur, walikota, Dirjen hingga Menteri yang akan menghadiri Smart Indonesia Initiatives Forum.

Liputan6.com, Jakarta - Smart Indonesia Initiatives Forum bakal digelar pada 15-16 Oktober 2015 mendatang di ITB, Bandung. Dalam forum ini akan dibahas isu-isu krusial terkait pembangunan kota dan komunitas cerdas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Konferensi ini masuk dalam kegiatan e-Indonesia Initiatives Forum XI. Rangkaian e-Indonesia Initiatives Forum telah berlangsung 10 kali dengan menghasilkan beberapa rekomendasi dan aksi. Salah satu rekomendasi yang terakhir adalah pengembangan ekosistem Indonesia Cerdas, sesuai dengan amanah pembukaan UUD 45 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkap Ketua Panitia Konferensi Suhono Harso Supangkat dalam keterangan tertulis, Jumat (9/10/2015).

Menurutnya, Teknologi Informasi (TI) mempunyai kontribusi penting untuk perwujudan kecerdasan mengelola lingkungan, perusahaan, industri, keamanan, pemerintahan hingga perkotaan.

“Dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan TI guna membangun Indonesia yang lebih cerdas, e-Indonesia Initiatives Forum XI dirangkaikan dengan Smart Indonesia Initiatives Forum pertama menyelenggarakan konferensi dan pameran terkait dengan TIK untuk Indonesia Cerdas, baik untuk perkotaan maupun komunitas cerdas,” tuturnya.

Dalam konferensi tersebut diundang para penggiat, regulator, peneliti hingga Industri. Ada sekitar 35 pembicara undangan di level direktur, walikota, Dirjen hingga Menteri. Konferensi terdiri atas enam sesi dengan pembahasan Ekonomi dan sosial cerdas, Infrastruktur cerdas, Energi dan transportasi cerdas, Anak dan manusia cerdas, Pelayanan publik cerdas, dan Tata Kelola pembangunan dan pengelolaan kota cerdas.

“Sejauh ini sudah empat menteri Kabinet Kerja yang akan hadir dalam forum kota cerdas ini. Diperkirakan kegiatan ini akan dihadiri sekitar 500 peserta. Selain ada konferensi, kegiatan kali ini juga di rangkai dengan kompetisi pembuatan game, aplikasi kota cerdas dan Lokakarya pembangunan kota cerdas untuk para pimpinan kota, termasuk walikota, anggota DPRD hingga calon walikota dan bupati,” katanya.

Dalam konferensi ini akan dipertunjukan juga salah satu hasil aksi selama ini tentang Generasi K atau C gen yang merupakan gerakan perubahan mental dan perilaku yang dimulai dari anak muda.

“Dijadwalkan Ibu Puan Maharani (Menko PMK) akan menghadiri acara ini dengan tajuk Smart People untuk Kota Cerdas . Selain itu juga akan di presentasikan lebih dari 40 makalah teknis tentang pembangunan kota dan komunitas cerdas Indonesia,” pungkasnya. (Gdn/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.