Sukses

Bosan dengan Model Bisnis Lama? Coba Cara Ini

Jika Anda adalah seorang investor yang memiliki uang lebih untuk memulai sebuah perusahaan, kini ada alternatif baru membangun sebuah bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda adalah seorang investor yang memiliki uang lebih untuk memulai sebuah perusahaan, kini ada alternatif baru membangun sebuah bisnis. Yakni bisnis e-commerce? E-commerce merupakan lahan bisnis yang sangat menguntungkan, terutama beberapa tahun belakangan ini.

Tak perlu khawatir jika Anda adalah seorang pemula di dunia e-commerce, karena semua instrumen dan sumber daya yang dibutuhkan telah tertata rapi untuk Anda. Yang Anda perlukan adalah etos kerja dan keinginan yang kuat untuk sukses.

Meskipun bisnis e-commerce saat ini telah menjamur, tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis ini. Berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus memulainya sekarang, seperti ditulis Entrepreneur, dikutip Jumat (10/10/2015):


1. Pertumbuhan e-commerce dunia capai 13 hingga 25 persen.

Proyeksi perkembangan penjualan retail e-commerce dari situs eMarketer menunjukkan pesatnya laju pertumbuhan e-commerce di seluruh dunia hingga tahun 2018 nanti. Tahun ini saja puncaknya diperkirakan akan mencapai hingga US$ 1.6 triliun, dan di akhir tahun 2018 akan mencapai 2.6 triliun dolar.

Dalam memilih model bisnis, penting sekali untuk terus menganalisa tren terbaru. Jika memungkinkan, Anda juga dapat bergerak mengikuti perkembangan pasar. Dari proyeksi di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis dengan model e-commerce merupakan pilihan yang baik bagi para pengusaha yang ingin memulai sebuah perusahaan baru atau yang tertarik pada diversifikasi dan ekspansi.

2. Saat tidur saja bisa dapat keuntungan.

Bagi perusahaan tradisional, lokasi merupakan prioritas utama yang dapat memberikan perbedaan besar dari sisi visibilitas dan penjualan. Namun dalam bisnis e-commerce, Anda dapat mengatur sendiri ‘etalase’ toko melalui nama domain dan menjual produk-produk secara global. Anda tidak perlu membuka banyak etalase untuk dapat dilihat oleh seluruh dunia.

Pedagang e-commerce yang proaktif dapat membangun brand awareness usaha mereka di ruang publik, transportasi umum, atau perempatan jalan yang mudah dilihat oleh konsumen, tentu saja dengan cara yang tidak melanggar hukum dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ketika Anda sudah yakin akan memperoleh keuntungan bahkan ketika Anda tidur, sebagai pemilik bisnis jangan lupa untuk tetap aktif dalam mencari cara untuk memanfaatkan teknologi di setiap kesempatan dalam rangka memperluas bisnis Anda.

3. Membangun dan menjalankan bisnis e-commerce terbilang mudah.

Aspek yang paling menantang dalam membangun bisnis ini adalah menentukan produk yang ingin dipasarkan. Namun jika Anda memiliki minat terhadap lini produk tertentu, apalagi jika mereka dapat membantu Anda secara langsung, hal ini tentu akan memudahkan proses pembangunan relasi dengan para distributor atau product sourcing. Sebagai tambahan, minat inilah yang akan mendorong Anda untuk mencapai kesuksesan dalam membangun bisnis ini.

4. 80 persen populasi pengguna situs internet pernah belanja online

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, mulai dari pengembangan situs yang menarik dan mudah diakses hingga menciptakan konten menarik yang dapat membantu mereka. Jika Anda memiliki komitmen untuk terus melakukan peningkatan secara konstan, dalam waktu dekat tentu Anda akan mendapatkan para pengikut yang setia.

Sudah jelas bahwa orang-orang kini sudah banyak yang mempercayai retailer online jika dibandingkan tahun sebelumnya, namun tentu saja keamanan dan privasi masih menjadi hal terpenting dalam pikiran banyak orang.

5. Anda dapat menjual lebih banyak produk kepada pelanggan.

Pemasaran konten merupakan cara yang efektif untuk menjual produk. Anda dapat membuat konten yang relevan dan memiliki nilai tambah untuk pengunjung Anda, undang mereka untuk menjadi email subscriber, lalu biarkan mereka mencari tahu sendiri informasi mengenai obralan, diskon, dan promosi produk yang Anda tawarkan . (Manggala/Zul)

 

Reporter: Manggala Chipta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini