Sukses

664 Ribu Warga Bandung Masih Hidup Miskin

Dinsos Kota Bandung mencatat dari total penduduk warga Bandung yang mencapai 2,5 juta jiwa, lebih dari 600 ribu orang masih dikatakan miskin

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fokus dari program pemerintah adalah mengentaskan kemiskinan. Di kota Bandung, Jawa Barat, ada sekitar 664.412 warga yang masih dikatakan miskin.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung mencatat, dari total penduduk warga Bandung yang mencapai 2,5 juta jiwa, lebih dari 600 ribu orang masih hidup miskin.

"Total ada 664.412 jiwa penduduk miskin. Data ini kami peroleh selama melakukan penyuluhan dan pendataan keliling selama tiga bulan terakhir," kata Sekertaris Dinsos Kota Bandung, Medi Mahendra, Kamis (9/10/2015).

Dia mengatakan, dalam pendataan yang ditujukan untuk pembagian Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera, seluruh warga miskin mendapat pendanaan yang bersumber dari APBN dan APBD Kota Bandung.

"Nanti kartu sehat, kartu pintar dan sejahtera akan segera dibagikan ke masyarakat, tapi harus verifikasi langsung ke masyarakat yang berhak menerima kartu ini. Kita masih butuh validasi dan verifikasi," tuturnya.

Selain itu selama penyuluhan keliling, Dinsos Kota Bandung mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat. Di antaranya, mengenai kemiskinan dan permasalahan orang cacat fisik.

"Banyak keluhan kepada kami dan kami menyosialisasikan bahwa orang cacat mendapatkan bantuan Rp 300 ribu per bulan," pungkasnya. (Okan Firdaus/Zul)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini