Sukses

Toilet Bandara Terbersih se-Indonesia Ada di Soekarno-Hatta

Toilet umum bersih di bandara selain menciptakan citra positif destinasi, juga menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan daya saing

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang meraih penghargaan tertinggi pada 'Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2015 di Bandara' yang diprakarsasi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, toilet umum bersih di bandara selain menciptakan citra positif destinasi, juga menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global yang saat ini berada di ranking 50 dan akan meningkat menjadi ranking 30 dunia dalam lima tahun ke depan.

"Untuk meningkatkan daya saing global tersebut ada tiga faktor yang menjadi kelemahan yakni tourism service infrastructure, health and hygiene, dan environmental sustainability harus segera diperbaiki," kata Arief dalam keterangannya, Jumat (9/10/2015).

Ia menambahkan, tiga faktor dengan indeks daya saing yang masih rendah di antaranya health and hygiene. Hal ini menjadi tugas bersama termasuk para pengelola bandara nasional dan internasional di tanah air, untuk meningkatkan fasilitas toilet umum bersih di bandara mempunyai peran penting dalam memenangkan persaingan.

Arief mengatakan bahwa pemberian penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada stakeholder pariwisata yang bersama-sama berusaha meningkatkan faktor health and hygiene.

"Karena itulah kami mengucapkan selamat kepada Bandara Soekarno Hatta yang menjadi bandara terbersih di tanah air dan hal diharapkan dapat dipertahankan dan harus terus ditingkatkan sehingga memanjakan para pengguna bandara yang masyoritasnya para wisatawan," katanya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa perawatan bandara yang harus dilakukan bukan sebatas membangun tapi harus bisa merawat fasilitas yang ada dan ini yang menjadi keterbelakangan dari sisi bandara.

"Kita akan all out dalam melakukan perawatan bandara, enam bulan terakhir terus dilakukan perubahan dalam perawatan fasilitas yang ada hal ini dilakukan untuk memanjakan para pengguna bandara," ujar Arif

Budi mencontohkan perawatan fasilitas yang dilakukan adalah merubah level of service yang dilakukan selama ini tidak maksimal. Untuk ini PT Angkasa Pura II mempunyai filosofi smile airport sehingga semua selalu tersenyum ketika masuk ke bandara indonesia.

Standar Dunia

Sementara itu, Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso mengatakan bila bandara Soekarno Hatta memenuhi syarat yang memenuhi standar dunia dalam persoalan higienis.

"Seluruh kelengkapan higienitas disediakan di Bandara Soekarno Hatta, kemudian dari segi sensor wastafel pun dipenuhi Soekarno Hatta dalam memenuhi pelayanan turis lokal maupun dunia," katanya.

Naning menambahkan bila kebersihan menjadi modal utama Indonesia khususnya dari segi pariwisata guna membuat turis asing nyaman datang ke Tanah Air.

"Bersih itu menjadi kekuatan pariwisata Indonesia, apalagi healthy building sangat difokuskan untuk menuju tahun 2020," katanya.

Berikut 20 terbaik bandara yang memiliki toilet dan higienitas yang ada di Indonesia:

1. Soekarno Hatta Cengkareng, Jakarta
2. Ngurah Rai, Denpasar, Bali
3. Kualanamu, Medan
4. Raja HaJi Fisabililla, Tanjung Pinang
5. Syarif Kasim II, Pekanbaru
6. Mahmud Badarudin II, Palembang
7. Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan
8. Sultan Iskandar Muda, Aceh
9. Halim Perdana Kusuma, Jakarta
10. Sam Ratulangi, menado
11. Sultan Hasanuddin, Makassar
12. Juanda, Surabaya
13. Supadio, Pontianak
14. Minangkabau, Padang
15. Lombok Praya, Lombok
16. Adi Sucipto Yogyakarta
17. El Tari, Kupang
18. Adi Soemarmo, Solo
19. Ahmad Yani, Semarang
20. Hang Nadim, Batam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini