Sukses

Mau Jadi Orang Sukses? Terapkan Pola Makan Ini

Banyak orang yang tidak memperdulikan pola makan mereka sehari-hari dan akhirnya berimbas pada tidak optimalnya pekerjaan yang dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Makanan merupakan sumber energi kita sehari-hari. Hal ini juga berlaku di tempat kerja. Memakan makanan yang tepat tidak hanya dapat membuat Anda terus merasa segar dan bersemangat dalam bekerja, namun juga dapat membuat Anda lebih produktif sehingga lebih mudah menggapai tangga kesuksesan.

Akan tetapi, belum banyak orang yang mengetahui hal ini. Banyak orang yang justru tidak memperdulikan pola makan mereka sehari-hari yang akhirnya berimbas pada tidak optimalnya pekerjaan yang mereka lakukan.

Seperti yang dilansir dari laman Lifehack.org, Kamis (15/10/2015), berikut adalah pola makan yang harus Anda terapkan agar mampu sukses dengan mudah.

Hindari junk food

Tidak dipungkiri, camilan atau makanan ringan dapat menjadi distraksi terbesar Anda di kantor. Berbagai makanan ringan yang dapat Anda temukan dengan mudah di kantor seringkali menggoda Anda untuk terus memakannya.

Tahukah Anda, ternyata mengkonsumsi junk food dan makanan ringan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda kehilangan konsentrasi ketika bekerja.

Makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi dapat menurunkan produktivitas Anda, sementara makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat memberikan anda energi yang tinggi pada awalnya namun diikuti dengan penurunan yang drastis.

Hati-hati dengan kafein

Sebagian besar pekerja memilih untuk menenggak kopi dan mensuplai tubuh mereka dengan kafein apabila mereka mulai merasa jenuh atau mengantuk saat bekerja.

Konsumsi kafein memang mampu membuat Anda lebih berenergi saat bekerja, tapi tahukah Anda ternyata mengkonsumsi kafein dengan jumlah banyak ternyata dapat membuat produktivitas Anda menurun.

Sama dengan junk food, kafein hanya mampu memberikan Anda dorongan energi sementara yang kemudian diikuti dengan penurunan drastis.

Konsumsi Sarapan Setiap Pagi

Salah satu cara agar energi Anda dapat terus terisi dengan maksimal adalah dengan memastikan diri Anda untuk mengkonsumsi sarapan setiap hari. Walaupun Anda bukan tipe orang yang terbiasa untuk mengkonsumsi sarapan setiap pagi, sarapan ini ternyata dapat membuat Anda merasa lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk yang sering muncul di pagi hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan dengan porsi kecil

Makan dengan porsi kecil dan frekuensi sering

Mengkonsumsi makanan porsi kecil namun dengan frekuensi yang sering dapat membuat level gula darah Anda konstan, sehingga dapat membantu Anda untuk terus memiliki energi yang cukup.

Jika Anda makan tidak teratur, kadar gula Anda dalam darah justru akan menurun yang akhirnya berefek tidak hanya pada produktivitas  yang menurun namun juga pada kesehatan Anda.

 Makan siang yang cukup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produktivitas Anda dapat terjaga apabila Anda mengkonsumsi makanan dengan porsi yang kecil. Hal yang sama juga berlaku terhadap porsi makan siang Anda.

Mengkonsumsi makan siang dengan porsi yang besar ternyata dapat menurunkan produktivitas Anda dalam bekerja. Alih-alih merasa bersemangat, Anda akan merasa mengantuk sepanjang hari. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk tetap menjaga porsi makan Anda dalam kadar yang cukup.

Konsumsi buah saat perut kosong

Buah-buahan merupakan makanan yang dapat membantu Anda untuk memiliki produktivitas yang konstan. Buah-buahan mengandung serat dan kandungan gula yang baik untuk kesehatan Anda.

Salah satu waktu terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memakan buah adalah ketika perut Anda masih kosong. Hal ini akan menstimulus badan Anda untuk memiliki metabolism yang baik sepanjang hari. (Vna/Ndw)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini