Sukses

Dua BUMN Semen Sepakat Bangun Pabrik Baru di Kupang

Liputan6.com, Jakarta - Dua BUMN produsen semen sepakat untuk membangun pabrik semen baru di Kupang, Nusa Tenggara Timur. PT Semen Indonesia dan PT Semen Kupang, siap membangun pabrik Semen Kupang 3.

Direktur Semen Indonesia, Suparni mengatakan, pembangunan pabrik ini‎ adalah untuk mencukupi kebutuhan khususnya di kawasan Timur Indonesia.

"Ini untuk memenuhi pasokan di Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya. Pabriknya akan dibangun di sana," kata Suparni di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Dia mengatakan, dibangunnya pabrik semen ini juga sebagai antisipasi banyaknya permintaan dari pembangunan proyek infrastruktur. Diketahui vpemerintah tengah gencar membangun proyek infrastruktur.

"Baru akan feasibility studies dan amdal (analisis mengenai dampak lingkungan). Kapasitasnya 1,5 juta ton," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Hary Sampurno‎ mengatakan, investasi ini merupakan salah satu yang terbesar. Di Nusa Tenggara Timur.

"Saya dikasih tahu ini investasi terbesar dari zaman Portugis,"

Dia juga berharap, pabrik semen ini tak hanya memasok kebutuhan untuk dalam negeri, melainkan bisa diekspor.

"Jadi tak perlu khawatir kelebihan kapasitas," tutupnya. (Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini