Sukses

Lulusan Ini Paling Laku pada 2016 Nanti

Mencari pekerjaan menjadi fase berikutnya dari setiap lulusan universitas dan kadang bisa menjadi hal yang penuh tantangan.

Liputan6.com, New York - Mencari pekerjaan kadang bisa menjadi hal yang penuh tantangan bagi setiap lulusan universitas. Survei yang dilakukan oleh Michigan State University (MSU) menunjukkan jika tingkat rekrutmen oleh perusahaan diperkirakan naik 15 persen di setiap tingkat lulusan tahun depan.

Hasil survei tahunan tersebut melibatkan sebanyak 4.730 perusahaan di AS, termasuk jenis perusahaan untuk posisi penuh waktu, magang dan paruh waktu.

Seperti dikutip dari Time, Sabtu (17/10/2015), beberapa sektor yang diproyeksikan menyerap banyak pekerja dan menjanjikan jenjang karir yang bagus bagi lulusan 2016 adalah:

1. Bidang konstruksi
2. Pendidikan anak usia dini
3. Layanan keuangan dan asuransi
4. Aviasi, otomotif, serta industri pertahanan dan keamanan
5. Transportasi truk
6. Penyedia layanan internet
7. Akuntansi
8. Layanan komputer

Namun kabar kurang baik terutama bagi Anda yang memiliki ketertarikan di bidang penerbitan, penyiaran dan film. Pasalnya bidang-bidang tersebut tidak akan membutuhkan atau merekrut banyak pekerja baru terutama lulusan baru.

Satu hal lagi yang menjadi kabar kurang enak, yaitu perusahaan pun tidak akan menaikkan upah. Menurut survey MSU, tingkat upah pekerja tidak akan naik secara signifikan tahun ini. Kenaikan hanya berkisar 2 persen hingga 5 persen di semua sektor. (Rania/Zul)

Reporter: Rania Indurasmi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.