Sukses

Harga Bawang Merah Merangkak Naik

Berlawanan arah dengan barang, harga cabai justru mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah di pasar tradisional di Jakarta kembali merangkak naik. Kenaikan ini diperkirakan karena pasokan komoditas sayuran tersebut yang berkurang.

Salah satu pedagang sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Mampang, Jakarta Selatan, Nur Hasanah (39) mengatakan, harga bawang merah terus mengalami kenaikan sejak awal bulan ini.

"Kalau tidak salah dari awal bulan mulai naik, bertahap. Bulan lalu masih Rp 20 ribu per kilogram (kg), terus naik jadi Rp 22 ribu-Rp 23 ribu per kg, sekarang naik lagi Rp 2.000 jadi Rp 25 ribu per kg," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Dia menjelaskan, kenaikan ini masih berkaitan dengan musim kemarau yang masih melanda sentra-sentra bawang merah salah satunya di Brebes, Jawa Tengah.

"Pasokannya berkurang, biasanya saya bisa dapat 10 kg per hari, ini paling cuma setengahnya (5 kg). Mungkin memang dari sana sudah kurang. Ada dari daerah lain, tapi bawangnya lebih kecil," kata dia.

Meski demikian, menurut Nur, kenaikan harga ini masih dalam batas wajar. Dia berharap pasokan bawang merah kembali lancar sehingga bisa menurunkan harga di pasar-pasar tradisional.

"Ya kami sih pedagang maunya murah biar jualnya juga gampang. Kalau harga tinggi juga kan untung kami tidak naik, sama saja," ungkapnya.

Sementara itu, hal berbeda justru dialami oleh sejumlah komoditas cabai yang mengalami penurunan harga. Harga cabai rawit merah, cabai merah keriting dan cabai merah besar kini justru turun.

Seperti cabai rawit merah yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 32 ribu kini turun menjadi Rp 24 ribu. Kemudian cabai merah keriting dari sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

"Cabai malah turun terus, tapi turunnya ke harga normal. Karena kemarin-kemarin harganya memang masih tinggi. Mudah-mudahan tidak sampai anjlok," tandasnya.

Berikut daftar harga sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Bawang merah Rp 25 ribu per kg
Bawang putih Rp 25 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 24 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 23 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 27 ribu per kg
Cabai rawit hijau Rp 20 ribu per kg
Tomat Rp 11 ribu per kg
Kentang Rp 11 ribu per kg
Wortel Rp 25 ribu per kg
Jagung Rp 9 ribu per kg
Timun Rp 10 ribu per kg
Terong Rp 8 ribu per kg
Kacang panjang 15 ribu per kg
Sawi Rp 8 ribu per kg
Kol Rp 8 ribu per kg
Buncis Rp 16 ribu per kg
Pare Rp 10 ribu per kg
Daun bawang Rp 10 ribu per kg
Daun seledri Rp 10 ribu per kg.

(Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini