Sukses

Tantangan PLN di Hari Listrik Nasional

Seluruh Indonesia ditargetkan akan teraliri listrik dalam kurun waktu 5-6 tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) merayakan peringatan Hari Listrik Nasional dengan mengadakan berbagai acara di Kantor Pusat PLN, salah satunya acara Fun Walk yang diikuti para pejabat dan pegawai PLN, serta masyarakat sekitar pada Minggu (25/10/2015).

PLN menyikapi di Hari Listrik Nasional yang sebenarnya jatuh pada 27 Oktober ini sebagai pemicu semangat kerja Perseroan untuk mengaliri listrik seluruh masyarakat di Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesatuan Komunikasi Korporat ‎Bambang Dwiyanto mengungkapkan, masih ada beberapa tantangan yang menjadi pekerjaan rumah PLN, terutama dalam memasok listrik di seluruh penjuru Indonesia.

"‎Tantangan kita melistriki Indonesia, karena angka rasio elektrifikasi masih 87 persen, artinya masih ada 13 persen penduduk Indonesia belum punya akses terhadap listrik," kata Bambang saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Minggu (25/10/2015).

Bambang menegaskan, ini menjadi tantangan bagi PLN mengingat 13 persen penduduk yang belum teraliri listrik itu berada di wilayah-wilayah pelosok dan juga daerah yang memiliki kondisi geografis yang sangat sulit dijangkau.

Mengenai wilayah mana yang belum teraliri listrik, Bambang mengaku persebarannya merata, mulai dari pedalaman Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan wilayah Indonesia bagian timur. Bahkan di sebagian wilayah Pulau Jawa masih ada yang belum teraliri listrik.

"Di Pacitan, yang notabene kota kelahiran Pak SBY masih ada yang belum teraliri listrik karena kendala geografis, rumahnya di balik gunung, sementara jalan belum ada, bagaimana membangun jaringan," papar dia.

Dengan kapasitas penambahan jumlah pembangkit yang mampu mengaliri listrik 4 juta masyarakat setiap tahunnya. Seluruh Indonesia ditargetkan akan teraliri listrik dalam kurun waktu 5-6 tahun ke depan. Untuk itu, Bambang meminta kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk satu tujuan dalam memudahkan PLN dalam mewujudkan cita-cita Presiden RI Joko Widodo‎ menjadikan seluruh wilayah Indonesia terang benderang.

"Artinya melistriki itu sesuai amanah Undang-undang, tidak hanya kewajiban PLN, tapi juga pemerintah pusat dan daerah, itu makanya tema kali ini bersama menerangi Indonesia," ujar Bambang. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini