Sukses

Anda Pertama Kali Magang? Yuk Simak Tips Bikin CV

Bagi seseorang baru lulus kuliah dan pertama kali membuat sebuah curriculum vitae dapat jadi hal menakutkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian yang dilakukan oleh TheLadders, sebuah perusahaan jasa di bidang ketenaga-kerjaan menunjukkan , seseorang yang menulis Curriculum Vitae (CV) atau riwayat hidup untuk pertama kali, umumnya merasakan proses yang menakutkan.

Di sisi lain, perusahaan hanya menghabiskan rata-rata enam detik untuk membaca CV tersebut, sebelum mereka membuat keputusan awal pada calon pelamar. "Banyak siswa tidak tahu apa yang harus, dan tidak harus dimasukkan dalam resume pertama mereka," kata Amanda Agustinus, konsultan karir dan ahli manajemen karir bagi TheLadders.

Berikut ini adalah 7 tips membuat CV atau riwayat hidup yang baik, khususnya bagi seseorang yang belum memiliki pengalaman kerja, dikutip dari Business Insider, Selasa (27/10/2015) :

1. Tata letak bersih dan mudah dibaca.

Gunakan jenis huruf yang sama secara keseluruhan. Pastikan tanggal dan lokasi mudah ditemukan dan dibaca oleh Human Resources Department. Informasi penting tulislah di bagian tengah halaman.

2. Tautan menuju akun sosial media Anda.

Amanda menyarankan untuk membuat sebuah akun media sosial yang ditujukan untuk karir Anda di masa depan. "Jika Anda belajar untuk bekerja dalam industri kreatif, tampilkan portofolio Anda sebagai bagian dari informasi," kata Amanda.

3. Tujuan yang jelas.

Maria seorang mahasiswi jurusan komunikasi yang berminat untuk magang di perusahaan periklanan atau hubungan masyarakat. Kompetensinya tertulis dengan jelas yaitu, pengalamannya menggunakan media sosial, dan keterampilan menulis. Menurut Amanda, itu sadah relevan.

4. Hal ini memainkan poin jual pekerjaan pencari.

Karena Maria sebelumnya belum pernah magang dimanapun, atau bekerja dibidang yang relevan, maka ia menuliskan kelebihannya. "curriculum vitae terkait kekuatannya, kursus yang relevan, kegiatan kepemimpinan, prestasi, dan keterampilan papar Agustinus.

Pengalaman kerjanya dipindahkan ke bagian bawah resume karena itu tidak secara langsung terkait dengan tujuan magang. Namun, penting untuk memasukkan informasi tersebut karena menunjukkan etos kerja Maria, dan keterampilannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Prestasi sekolah

5. Prestasi sekolah

Untuk magang pertama Anda, akan lebih baik jika Anda mencantumkan informasi terkait prestasi, penghargaan, atau olahraga yang Anda suka. "Informasi ini memberikan gambaran bagi pembaca seputar kehidupan siswa tersebut baik di sekolah maupun di luar sekolah," kata dia.

6. kemampuan menggunakan media sosial.

"Jika Anda terbiasa dengan Facebook, dan media sosial lainnya, mungkin tampak konyol jika menambahkan medial sosial tersebut ke dalam CV Anda? Namun, tidak semua orang tahu Instagram hari ini," terang Amanda.

Amanda mengatakan, pengetahuan tentang perkemabangan sosial media merupakan aset bagi perusahaan.

Jika Anda menargetkan kesempatan magang di bidang pemasaran, hubungan masyarakat, periklanan, jurnalistik, atau bahkan layanan pelanggan, keterampilan sosial media penting dimasukan dalam resume Anda.

7. Tidak perlu daftar referensi.

"Perusahaan tidak akan meminta referensi sampai Anda bertemu untuk wawancara, dan mereka tahu Anda akan memberikannya jika mereka meminta," terang Amanda.

Penting untuk diingat bahwa pengalaman bukanlah segalanya. Kabar baiknya perusahaan penerima magang memang tidak mengharapkan Anda sempurna dan terampil. "Mereka ingin melihat siswa yang aktif telah menunjukkan minat yang tulus dalam posisi tersebut," kata Amanda. (Ilh/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini