Sukses

5 Perusahaan Paling Dikagumi di Muka Bumi

Fortune merilis nama-nama perusahaan yang paling dikagumi di dunia pada 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak ingin bekerja di perusahaan dengan gaji tinggi? Apalagi perusahaan itu adalah perusahaan besar yang sudah punya nama yang terkenal di seantero jagad.

Fortune merilis beberapa perusahaan yang paling dikagumi di dunia di 2015. Beberapa indikator yang menentukan adalah inovasi, program CSR, manajemen, penggunaan aset perusahaan, keuangan, nilai investasi jangka panjang, kualitas produk dan kemampuan bersaing.

Berikut daftar lima perusahaan yang paling dikagumi di dunia versi Fortune, yang dikutip Liputan6.com, Selasa (27/10/2015).

1. Apple

Produsen iPad, iPhone, iPod dan produk elektronik lain yang sudah banyak dikenal ini memuncaki daftar yang dirilis Fortune. Apple menyapu bersih urutan dari semua aspek penilaian, seperti inovasi, manajemen, CSR, dan investasi jangka panjang. Apple telah menjadi perusahaan paling dikagumi di dunia selama delapan tahun terakhir. Skor yang didapat Apple dari Fortune adalah 8,29.

2. Google

Google naik peringkat dari urutan ketiga tahun lalu menjadi urutan kedua tahun 2015 ini. Skor yang didapat Google pun tak terpaut dengan Apple, yakni 8,25. Kesuksesan Google tak terlepas dari bisnis periklanannya yang sangat menguntungkan, hingga mendapat pendapatan senilai US$ 66 miliar tahun lalu. Perusahaan ini juga tak pernah berhenti berinovasi di bidang teknologi. Itulah yang menyebabkannya menjadi salah satu perusahan paling dikagumi.

3. Berkshire Hathaway

Berkshire Hathaway naik ke peringkat ketiga tahun ini setelah tahun lalu perusahaan milik Warren Buffet ini ada di posisi keempat. Warren Buffet, yang merupakan orang terkaya ketiga dunia, membuat perusahaan konglomerasi ini terus berinvestasi dan berinovasi. Nilai untuk Berkshire yang diberikan Fortune adalah 6,94.

4. Amazon.com

Amazon di bawah kepemimpinan Jeff Bezos baru-baru ini terus melesat menjadi perusahaan yang dikagumi di dunia. Pendapatan yang diraup perusahaan pun terus meningkat hingga US$ 88 miliar. Perusahaan layanan toko online ini mendapatkan nilai 7,31 dari Fortune.

5. Starbucks

Saking banyaknya cabang dari kedai kopi yang dimilikinya, Starbucks menjadi salah satu perusahaan uang paling dikagumi di dunia menurut Fortune. Kini Starbucks mengoperasikan lebih dari 22.000 cabang di 66 negara di dunia. Nilai yang diberikan Fortune adalah 7,7. 

(Zul/Gdn)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini