Sukses


Mau Dapat Kredit Rumah Sampai Rp 500 Juta? Ini Syaratnya

BPJS Ketenagakerjaan menggandeng BTN untuk memberikan kredit rumah murah ke masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Para pekerja yang tergabung menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kini berkesempatan memperoleh Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan plafon maksimal Rp 500 juta. Menggandeng PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk, kredit ini menawarkan tingkat bunga di bawah pasaran.   

Direktur Utama (Dirut) BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G Masasssya mengungkapkan, pihaknya melalui BTN akan menyalurkan pembiayaan berupa kredit konstruksi, KPR dan pinjaman uang muka perumahan. Untuk KPR, ada dua segmen skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) alias subsidi pemerintah bagi rumah seharga di bawah Rp 150 juta dan non subsidi di atas Rp 150 juta.

"Suku bunga pinjaman KPR non subsidi sesuai BI Rate ditambah 3 persen dari perhitungan Bank BTN. Sedangkan suku bunga KPR subsidi mengacu pada ketentuan yang ditetapkan pemerintah dan sistem anuitas tahunan dari Bank BTN," jelas dia saat Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Perumahan Pekerja di kantornya, Jakarta, Selasa (27/10/2015).  

Itu artinya, pengajuan kredit pemilikan rumah non subsidi dan pinjaman uang muka, peserta atau debitur dikenakan suku bunga 10,5 persen per tahun.

Elvyn menambahkan, jangka waktu maksimal kredit KPR dapat dilakukan sampai 20 tahun, sementara jatuh tempo pinjaman uang muka perumahan merujuk pada ketentuan bank BTN dengan batas maksimal 15 tahun. Berbeda dengan jangka waktu kredit konstruksi yang hanya mengacu pada jangka waktu kredit yang berlaku di bank BTN.

"Kredit yang bisa diambil sampai dengan harga rumah Rp 500 juta. Jadi ini bukan untuk buruh saja, tapi juga pekerja kantoran karena masuk kategori segmen menengah," jelas dia.

Penyediaan perumahan bisa secara langsung maupun tidak langsung. Menurutnya, BPJS Ketenagakerjaan akan membangun perumahan terpadu di Jonggol dengan area lahan seluas 187 hektare (ha) secara bertahap di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kita bekerjasama dengan pengembang lain dan diharapkan bisa membangun perumahan sebanyak 25 ribu unit dalam beberapa tahun ke depan seiring permintaan properti di daerah itu," ujar Elvyn.

Lebih jauh dia bilang, perusahaan juga menggandeng 11 pengembang properti yang menggarap perumahan di beberapa kota di Indonesia, seperti Serang, Batam, Karawang, Semarang dan kota lainnya.

"Kerjasama lain juga merangkul pengembang yang membangun sendiri perumahan dibiayai pinjaman dari BTN dan menjualnya kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persyaratan


Sementara itu, Direktur Utama BTN, Maryono menjelaskan, perusahaan sanggup memberi tingkat bunga, pinjaman uang muka dan kredit perumahan lain dengan menarik karena ada penempatan dana BPJS Ketenagakerjaan di BTN.

"Bunganya dikenakan di bawah pasaran, kita bantu dengan pinjaman uang muka sangat murah karena untuk segmen menengah. Ini bisa membantu percepatan program satu juta rumah," cetus Maryono.

Apa saja syarat untuk mendapatkan kredit rumah bagi pekerja:

1. Untuk bisa mengajukan kredit konstruksi, KPR maupun pinjaman uang muka perumahan, syaratnya pekerja harus terdaftar menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 tahun.

2. Pengajuan kredit dilakukan di kantor cabang Bank BTN dengan membawa persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Syarat administrasi sama seperti pengajuan KPR pada umumnya

3. Rumah yang diajukan kreditnya merupakan rumah pertama peserta. Apabila pasangan suami dan istri adalah peserta BPJS ketenagakerjaan, maka hanya satu pihak saya yang dapat mengajukan KPR

4. Seluruh proses pengajuan KPR mengacu pada syarat dan ketentuan yang diberlakukan bank BTN serta otoritas yang mengatur bidang usaha perbankan.

(Fik/Ndw)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.