Sukses

Dynic Textile Prestige Suplai Komponen Buat Toyota dan Honda

Selama ini industri otomotif di dalam negeri mengimpor lembaran pelapis plafon dari negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - PT Dynic Textile Prestige meresmikan pabrik barunya yang berlokasi kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan pada tahap pertama pabrik dengan nilai investasi sebesar US$ 14 juta tersebut memproduksi lembaran pelapis plafon untuk kendaraan roda empat.

"Saat ini baru itu, ke depannya akan produksi karpet mobil, jok, dan lain-lain," ujarnya di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (28/10/2015).

Menurut dia, selama ini industri otomotif di dalam negeri mengimpor komponen interior tersebut dari negara lain. Dengan berdirinya pabrik ini diharapkan bisa mengurangi impor tersebut.

"Kebutuhan otomotif (mobil) mencapai 1,2 juta unit. Selama ini kita semuanya impor. Dengan adanya ini kebutuhan industri otomotif bisa disuplai dari sini," kata dia.

Namun sayangnya bahan baku seperti fiber yang dibutuhkan pabrik tersebut masih harus diimpor. Selain itu, lantaran sebagian besar proses produksi menggunakan mesin, maka hanya mampu penyerapan sedikit tenaga kerja.

Saat ini jumlah tenaga kerjanya hanya sebanyak 11 orang. Namun ke depannya diperkirakan akan mampu menyerap 50 orang tenaga kerja.

"Bahan bakunya full impor karena teknologi tinggi. Ini bukan di down stream, tapi di middle," ujarnya.

Produknya sendiri disuplai oleh sejumlah produsen otomotif Jepang yang memiliki pabrik di Indonesia merek Toyota untuk jenis Avanza dan Innova serta merek Honda untuk jenis Jazz.

"Tadi dikatakan ada Toyota, Honda, Daihatsu," ujarnya. (Dny/Gdn)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini