Sukses

Rizal Ramli Bongkar Kebohongan RJ Lino di Depan Pansus Pelindo II

Bos Pelindo II RJ Lino mengklaim perusahaannya adalah salah satu BUMN pencetak laba terbesar di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menguak kebohongan Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) yang sesumbar mengklaim perusahaannya sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) pencetak laba terbesar di Tanah Air.

"RJ Lino mengaku mencetak laba besar, padahal Pelindo II tidak masuk 20 BUMN penghasil keuntungan terbesar. Wong laba bersihnya cuma Rp 590 miliar saja," kata Rizal saat memberi keterangan sebagai saksi kepada Pansus Angket Pelindo II di gedung DPR Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Ia mengakui realisasi keuntungan bersih Pelindo II kalah jauh dengan perusahaan pelat merah lain, seperti PT Pegadaian (Persero) yang meraup laba bersih sampai Rp 1,8 triliun dan bahkan dengan PT Pelindo (III) yang mencatat laba bersih Rp 640 miliar.

"Padahal pangsa pasar Pelindo II mencapai 70 persen dan Pelindo III hanya sekitar 15 persen. Tapi laba bersih Pelindo III lebih besar dibanding Pelindo II. Kok, bisa-bisanya Dirut Pelindo II sesumbar begitu," ujar Rizal.

Hal ini dikatakan Rizal sebagai kebohongan bos Pelindo II kepada masyarakat atau publik yang seharusnya tidak berhak memperoleh asupan berita bohong yang meluncur dari seorang RJ Lino.  

"Ini penipuan luar biasa. Jadi banyak fakta bohong yang banyak diungkap," ujarnya. (Fik/Ndw)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.