Sukses

Kelola Gaji Bijak? Ini Kuncinya

Bukan besar nominal gaji, tapi seberapa bijak mengelola gaji.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda seringkali merasa sulit untuk mengelola gaji bulanan? Tentunya ini bukan persoalan mudah yang hanya dirasakan oleh Anda, tapi juga oleh banyak orang. Mengelola gaji bulanan memang tidak mudah, walaupun gaji yang diterima sudah sesuai dengan kebutuhan.

Persoalan utamanya bukan besarnya gaji yang kita terima setiap bulan, melainkan seberapa bijak Anda menggunakan gaji. Untuk itu, penting untuk mulai menyisihkan gaji untuk kebutuhan di masa depan. Dilansir dari laman Huffington Post, berikut cara mengelola gaji dengan bijak.

Atur Rasio Hutang

Terkadang memiliki kebutuhan penting yang mendadak akan membuat Anda menjadi berhutang dengan kerabat. Namun, untuk mengelola keuangan dengan baik, ada baiknya membatasi nilai hutang tak lebih dari 35 persen dari total pendapatan. Rasionya utang yang konsumtif tidak lebih dari 10 persen dan produktif 25 persen.

Memiliki Perlindungan atau Proteksi

Untuk mencegah keadaan yang tidak terduga dan bersifat mendadak, Anda disarankan untuk memiliki asuransi dengan rasio 10 persen dari pendapatan per bulan. Hal ini dibutuhkan agar Anda memiliki perlindungan untuk keuangan Anda di saat yang tidak terduga.

Memiliki Investasi

Memiliki investasi merupakan hal yang penting untuk keuangan di masa depan. Disarankan agar Anda memiliki investasi sebanyak 10 persen dari pendapatan yang didapatkan setiap bulannya. Investasi pun bisa dalam bentuk jangka panjang atau jangka pendek, nantinya hasil investasi ini dapat dipakai untuk mengembangkan bisnis.

Jadi, Apakah Anda sudah mengelola gaji dengan bijak? Apakah Anda yakin gaji Anda sudah sesuai dengan standar gaji di bidang pekerjaan Anda? Jika belum yakin cek gaji Anda di sini. Karir.com bekerjasama dengan Kelly Service hadirkan fitur Salary Benchmark, bandingkan gaji Anda sekarang dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia.

Maksimalkan potensi Anda bersama karier tips untuk membangun pekerjaan lebih baik. Ajak juga teman menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S! Yuk, cek sekarang juga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.