Sukses

Menabung! Cara Jitu Wujudkan Istana Impianmu dari Sekarang

Sekecil apapun rumah yang Anda miliki itu adalah istana Anda.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah impian tentu menjadi keinginan semua orang, walau berukuran kecil, rumah pribadi laksana sebuah istana impian Anda di masa depan, rasa puasnya pun tentu berbeda dibanding Anda harus mengontrak atau menyewa rumah.

Untuk mewujudkannya memang tidaklah mudah, namun, dengan pengelolaan keuangan yang tepat dari gaji Anda sekarang, bukan hal mustahil mewujudkan impian tersebut.  Berikut beberapa cara menyiapkan tabungan dari gaji untuk membeli rumah impian Anda:

Sisihkan Gaji untuk Pengeluaran Harian

Bagilah gaji Anda untuk pengeluaran harian, seperti makan, pulsa, dan transportasi. Hitunglah pengeluaran harian yang dikeluarkan selama sebulan. Anda pun harus tentukan prioritas untuk kebutuhan harian. Terpenting, jangan lupa untuk memberi batas maksimal pengeluaran harian, misalnya Rp 1,5 juta/bulan.

Hindari Belanja Berlebihan

Keinginan untuk berbelanja seringkali muncul, hindarilah berbelanja secara berlebihan, pintar-pintarlah membedakan antara kebutuhan dan keinginan, sehingga pengeluaran pun bisa diminimalisir. Namun, bukan berarti Anda tak boleh berbelanja, barang yang diinginkan tetap dapat dibeli tapi dengan batasan tertentu. Tentukan batas dana maksimal untuk membeli barang keinginan, misal 300 ribu rupiah per bulan untuk barang keinginan Anda.

Siapkan Uang untuk Liburan

Liburan begitu penting, sibuk mempersiapkan tabungan untuk membeli rumah bukan berarti Anda melupakan aktivitas untuk melepaskan stress setelah lelah bekerja. Rencakan liburan minimal setahun sekali agar tubuh Anda bisa kembali segar untuk bekerja. Dana untuk liburan bisa dialokasikan minimal 10 persen dari gaji Anda.

Berikan Jatah untuk Investasi

Alokasikan gaji Anda untuk berinvestasi, minimal Rp 1 juta. Uang tersebut bisa dijadikan modal awal untuk membangun bisnis kecil-kecilan. Selain itu, uang dari investasi bisa juga digunakan untuk mulai mewujudkan rumah impian Anda.

Tapi perlu diingat, sesuaikan tips tersebut dengan besaran gaji Anda saat ini. Masih ragu? Sudahkah Anda merasa gaji sekarang cukup untuk berinvestasi? Sesuaikah gaji dan beban kerja saat ini? Bila penasaran cek gaji Anda di sini. Karir.com bekerjasama dengan Kelly Service hadirkan fitur Salary Benchmark, Anda dapat membandingkan gaji Anda sekarang dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia..

Maksimalkan potensi Anda bersama karier tips untuk membangun pekerjaan lebih baik. Ajak teman menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S! Yuk, cek sekarang juga.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.