Sukses

Incar Setoran Pajak Rp 1.546 Triliun di 2016, Ini Kata Wapres JK

Pemerintah menargetkan penerimaan pajak Rp 1.546 triliun pada 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan penerimaan pendapatan negara sebesar Rp 1.822 triliun dalam APBN 2016 yang terdiri dari perpajakan Rp 1.546 triliun, penerimaan negara bukan pajak Rp 273 triliun, dan penerimaan hibah Rp 2 triliun. Wakil Presiden Jusuf Kalla menerangkan target tinggi yang ditetapkan memerlukan usaha keras pemerintah untuk mencapainya.

"Ya memang harus ada usaha keras untuk mencapai hal itu," kata JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

JK menjelaskan salah satu cara untuk mencapai target pajak itu dengan menerapkan tax amnesty. Tax amnesty merupakan pengampunan pajak dengan menghapus pajak terutang, dengan imbalan pembayaran pajak yang tarifnya dikenakan lebih rendah atau tidak dikenakan denda.

Baca Juga

Bila kebijakan itu sudah berlaku maka akan terjadi reevaluasi aset dalam penerimaan pajak negara. "Selanjutnya akan meningkatkan volume perdagangan," ujar dia.

Pembahasan tax amnesty sendiri masih dalam pembahasan di DPR. Agar berlaku efektif, maka kebijakan itu harus berbentuk Undang-undang (UU).

"Mungkin dibicarakan pada sidang yang akan datang kan," tandas JK.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro juga memastikan tax amnesty yang dilakukan paling cepat terjadi pada 2016.

"Pengampunan tampaknya harus dipercepat. Karena pada 2017, automatic exchange of information sudah harus berlangsung," kata Menkeu saat jumpa pers sosialisasi APBN 2016 di Jakarta, Selasa 3 November lalu. (Silvanus/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini