Sukses


Harga Rumah di 5 Pengembang Ini Bakal Melejit Gara-gara Tol Depok

Pembangunan jalan Depok diprediksi mengerek harga sejumlah hunian di sekitarnya. Mana saja?

Liputan6.com, Jakarta - Citra Kota Depok, yang selama ini lekat dengan lalu-lintasnya yang padat merayap, sebentar lagi akan terhapus dengan dibangunnya sejumlah ruas jalan tol di kota tersebut. Pembangunan jalan tol ini juga diprediksi mengerek harga hunian di sekitarnya.

"Orang Depok cuma numpang tidur." Itulah kelakar orang-orang untuk menggambarkan padatnya lalu-lintas Depok, terutama pada jam-jam kerja. Kepadatan lalu-lintas itu membuat warga Depok yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya biasanya berangkat pagi, nyaris subuh, dan baru tiba di rumah saat malam hari.

Namun masalah tersebut bakal teratasi dengan dibangunnya sejumlah jalur tol. Yakni tol Desari (Depok-Antasari) dan tol Lingkar Luar Depok (Depok Outer Ring Road/DORR). Tol Desari akan dibangun dalam dua tahap, yakni seksi I sepanjang 12km. Tol seksi I ini membentang dari jalan Pangeran Antasari di Jakarta Selatan hingga ke Sawangan, Depok. Tol ini juga terhubung dengan tol Jagorawi, yang membentang hingga ke Jakarta Utara ataupun ke Jakarta Selatan hingga Tangerang.

Rute tol Depok yang terhubung dengan sejumlah tol lain

Sementara tol Desari seksi II akan dibangun menyusul dengan rute Sawangan hingga Bojongsari. Tol Desari seksi II ini nantinya akan terhubung dengan DORR, yang membentang dari Parung hingga ke arah Bogor, maupun tol Serpong-Cinere-Jagorawi. Untuk saat ini, proses pembangunan yang telah berjalan adalah tol Desari seksi I dengan pintu tol yang dimulai dari Antasari, Andara, Brigif, Simpang Susun Krukut, dan berakhir di Sawangan.

Kehadiran tol Desari akan mempersingkat waktu tempuh warga Depok dari tempat tinggalnya ke Jakarta dan sekitarnya. Karena itu, hunian-hunian yang berdekatan dengan akses tol diprediksi akan mengalami peningkatan cukup pesat. Jual rumah di Depok pun akan lebih lancar dengan adanya akses tol tersebut.

Berikut ini beberapa rumah yang dekat dengan proyeksi pintu tol Sawangan, di antaranya:

1. Bukit Petro Sawangan

Tol Depok melengkapi fasilitas umum di sekitar Bukit Petro Sawangan

Bukit Petro Sawangan terletak di Jalan Raya Muchtar, Depok. Jaraknya sekitar 5 km dari Jalan Raya Sawangan, yang akan dilintasi jalan tol. Saat ini, Bukit Petro Sawangan dibanderol dengan harga sekitar Rp 850 Juta untuk tipe 55 dengan luas tanah 150M2.

Fasilitas dalam perumahan yang disediakan pengembang seperti amphitheatre, arena bermain anak, lapangan tenis, dan kolam renang. Hunian ini juga dekat dengan rumah sakit dan sekolah. Keberadaan akses tol dalam jarak dekat membuat hunian ini semakin strategis dan diprediksi meningkatkan harga jualnya.

2. Neo Bumi Citra Lestari

Hadirnya Tol Depok menjadikan Neo Bumi Citra Lestari sebagai objek investasi yang menarik

Mencari perumahan murah di Depok bukanlah perkara sulit, namun yang menjadi masalah adalah aksesnya. Seringkali, perumahan dengan harga terjangkau letaknya jauh dari jalan utama menuju Jakarta.

Perumahan Neo Bumi Citra Lestari memasarkan rumah tipe kecil, dengan luas tanah paling besar 84M2. Saat ini, perumahan ini dipasarkan dengan harga yang terjangkau, yakni antara Rp 200 juta-Rp 350 juta.

Namun harga ini bakal segera melambung seiring perkembangan pembangunan tol Depok-Antasari yang melintasi Jalan Raya Sawangan. Jarak antara perumahan ini dengan Jalan Raya Sawangan yang diprediksi akan menjadi pintu tol hanya sekitar 6,5km. Kehadiran tol ini akan menjadikan Neo Bumi Citra Lestari sebagai objek investasi yang menjanjikan.

3. Villa Cassablanca

Villa Cassablanca, salah satu yang paling dekat dengan pintu tol Sawangan

Perumahan lain yang menawarkan hunian dengan tipe kecil adalah Villa Cassablanca, yang terletak di Jalan Raya Muchtar, sekitar 3km dari Jalan Raya Sawangan yang akan menjadi pintu tol Depok-Antasari. Perumahan ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp450 Juta untuk tipe 36 dengan luas bangunan 84M2.

Villa Cassablanca dilengkapi dengan fasilitas kolam renang anak-anak dan taman bermain anak. Perumahan ini cukup dekat dengan Rumah Sakit Umum Daerah Depok dan sejumlah fasilitas pendidikan.

Kehadiran akses tol dalam jarak yang cukup dekat membuat lokasi perumahan ini semakin strategis, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai jual properti tersebut.

4. Botania Lake Residence

Semakin banyak akses bagi warga Botania Lake Residence untuk menjangkau Jakarta

Botania Lake Residence terletak sekitar 5km dari proyeksi pintu tol Sawangan. Jarak ini dapat ditempuh kurang dari 15 menit dengan mobil dalam kondisi lalu lintas lancar. Kehadiran akses tol Desari akan melengkapi fasilitas-fasilitas yang terletak di sekitar perumahan ini, seperti RSUD Tangerang dan sejumlah fasilitas pendidikan.

Dengan nuansa hunian yang asri serta fasilitas di dalam lingkungan yang cukup lengkap seperti taman bermain, kolam renang, dan jogging track, Botania Lake Residence semakin menjanjikan sebagai objek investasi dengan adanya tol Desari.

5. Citra Lake Sawangan

Citra Lake Sawangan semakin terdongkrak dengan hadirnya tol Depok

Citra Lake Sawangan merupakan salah satu hunian yang mengadaptasi konsep one stop shopping. Perumahan ini menyediakan taman bermain anak serta taman hijau dan area danau sebagai sarana rekreasi warganya.

Hunian ini juga menyediakan shopping area serta resto area, sehingga penghuninya bisa memenuhi semua kebutuhannya.

Citra Lake Sawangan saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 800 juta. Harga tersebut berpotensi meningkat dengan adanya jalan tol Desari, yang berjarak sekitar 10 KM dari lokasi.

Sumber: Rumah.com

 

(Boy Leonard/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.