Sukses

Langkah Menteri Pertanian Dorong Produktivitas Pangan

Pemerintah juga mendorong pengadaan alat mesin pertanian dengan mengirim alat tersebut sebanyak 80 ribu unit.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan telah berupaya mendorong sektor pertanian. Berbagai cara pun ditempuh untuk mewujudkan swasembada pangan.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan telah mengubah regulasi pengadaan barang dari sebelumnya memakai mekanisme tender menjadi penunjukan langsung.Langkah tersebut ditempuh untuk mempercepat produksi pangan terutama padi.

"Pupuk, traktor tender, padahal tikus El Nino tak pernah mengatakan pemerintah lagi tender sekarang penunjukan langsung," ujar Amran di Jakarta, Minggu (8/11/2015).

Dia mengatakan, dengan mekanisme tender cenderung menghambat produktivitas. Dengan penunjukan langsung, kini anggaran langsung bisa cair."Kita harus mengikuti musim, jangan perasaan pertanian itu semusim," kata Amran.

Selain itu, pemerintah juga mendorong pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) untuk mendorong sektor pertanian. Tak hanya itu, perbaikan irigasi juga dilakukan.

"Hasilnya tahun lalu hanya bisa mengirim alsintan 4.000. Tahun ini 80 ribu unit 2.000 persen naik. Irigasi, target Bapak Presiden, tolong Menteri  Pertanian 1 juta ha setahun. Dalam hati kecil kami 3 juta terealisasi. Kalau target Presiden 1 kita 3," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.