Sukses

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Terapkan 7 Sikap Ini

Tidak hanya bermodalkan materi, seorang pengusaha tentunya harus memliki mental yang positif.

Liputan6.com, New York - Menjadi seorang pengusaha pastinya menghadapi banyak tantangan. Banyak pengusaha yang bahkan harus rela jatuh bangun dalam menjalankan usahanya tersebut. Namun, tidak sedikit dari mereka yang berhasil melewati kesulitan, dan kini menjadi seorang pengusaha sukses.

Tidak hanya bermodalkan materi, seorang pengusaha tentunya harus memliki mental yang positif untuk menghadapi kerasnya dinamika bisnis. berikut ini adalah 7 mental positif yang harus dimiliki seorang pengusaha, dikutip dari belimitless, Kamis (12/11/2015) :

1. Tidak menyalahkan diri sendiri

Alih-alih menyalahkan diri sendiri, para pengusaha sukses dapat bersikap tegar saat sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Bahkan mereka tidak meratapi kemalangan yang mereka alami. Mereka tahu bahwa tidak semua rencana dapat berjalan dengan mulus. Mereka melihat kegagalan sebagai pelajaran, dan tetap optimis meatap masa depan.

2. Tidak takut perubahan

Para pengusaha sejati tidak takut dengan perubahan, justru sebaliknya mereka menyambut hal itu. Mereka tahu bahwa roda ekonomi bergerak dinamis, dan satu-satunya cara untuk tetap bertahan di dunia bisnis adalah dengan menerima ide-ide baru dan beradaptasi. Penguasaha dengan kecerdasan emosi yang tinggi lebih berkembang dalam lingkungan yang selalu berubah.

3. Orang yang pemaaf

Pengusaha sukses tidak membiarkan dirinya tenggelam dalam rasa marah dan benci. Mereka sadar bahwa perasaan tersebut tidak bermanfaat, dan hanya akan menguras energinya. Jika seseorang telah melakukan kesalahan, mereka akan berbesar hati untuk segera memaafkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghargai proses



4. Menghargai proses

Banyak orang yang terburu buru ingin cepat kaya, sehingga mereka kurang berhati hati dalam memahami risiko. Di sisi lain, para pengusaha sukses tahu bahwa hasil merupakan buah dari kerja keras, dan kompetensi. Proses yang baiklah yang akan menuntun seseorang pada kekayaan.

5. Rajin beramal

Seorang pengusaha bermental ksatria tidak seperti paman Gober. Mereka tidak segan memberikan sebagian keuntungan bisnisnya untuk kegiatan amal. Semakin kaya mereka, semakin peduli mereka pada masyarakat.

6. Percaya diri

Para pengusaha sukses percaya dengan diri mereka sendiri. Mereka termotivasi atas apa yang mereka yakini. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana orang lain akan percaya pada Anda?

7. Tidak takut mengambil risiko

Sebagai seorang pengusaha, mengambil keputusan merupakan hal yang harus Anda lakukan. Pikirkanlah keputusan tersebut, dan ukurlah risiko yang mungkin akan terjadi. Para pegusaha sukses tidak takut mengambil risiko karena mereka sudah memertimbangkan risiko yang siap mereka terima, dan juga peluang keuntungan yang akan mereka peroleh. (Ilh/Gdn)

Reporter: Ifsan Lukmannul Hakim

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.