Sukses

5 Cara Bekerja Lebih Produktif

Anda harus memiliki keinginan yang kuat untuk dapat bekerja dengan lebih keras dan mau mengubah pola hidup Anda selama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa sangat tidak produktif ketika orang-orang di sekeliling Anda mampu bekerja layaknya mesin? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian.

Tahukah Anda bahwa kemampuan orang untuk bekerja produktif sebenarnya dihasilkan dari pola pikir yang mereka miliki. Agar mampu untuk bekerja lebih produktif, Anda harus memiliki keinginan yang kuat untuk dapat bekerja dengan lebih keras dan mau mengubah pola hidup Anda selama ini.

Hal tersebut mungkin terdengar sulit, namun dengan tekad yang besar Anda pasti mampu untuk melalui itu semua. Apa saja yang harus Anda lakukan agar bisa bekerja lebih produktif? Seperti yang dikutip dari lama Lifehack.org, Senin (16/11/2015), berikut beberapa langkahnya.

1. Kenali diri sendiri

Kamu yang berkaca pasti tahu betul perjuangan ini.

Setiap orang memiliki cara tersendiri agar dapat produktif dalam bekerja. Beberapa orang mampu untuk fokus selama berjam-jam dalam menyelesaikan pekerjaan, sementara beberapa orang yang lain justru harus menyelingi pekerjaannya dengan istirahat selama kurun waktu tertentu. Cobalah untuk mengenali diri Anda terlebih dahulu, sehingga Anda pun akan mengetahui cara tepat yang dapat dipakai dalam mengejar produktivitas bekerja.

2. Prioritaskan pekerjaan

Foto ilustrasi: huffingtonpost.co.uk

Setiap harinya Anda pasti dihadapkan dengan berbagai pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan. Alih-alih mencoba untuk mengerjakan semuanya sekaligus, cobalah untuk melihat dan mengorganisasi. Pekerjaan mana yang sekiranya memiliki tendensi paling besar untuk diselesaikan. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat membiasakan diri Anda untuk melakukan pekerjaan secara teratur.

3. Bentuk Kebiasaan

Ilustrasi membaca (Foto: http://www.huffingtonpost.com/)

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, Anda tidak akan mampu untuk terus-menerus bekerja secara produktif setiap hari. Nah, untuk menanggulangi hal ini, Anda dapat memupuk kebiasaan tertentu yang dapat memaksa Anda untuk bekerja lebih keras setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus ke satu pekerjaan

4. Fokus ke satu pekerjaan

Waktu adalah uang, begini cara mengoptimalkan waktu Anda di tempat kerja.

Dalam menyusun prioritas kerja, Anda juga akan mencoba untuk menempatkan pekerjaan Anda dalam rentang waktu tertentu setiap harinya. Cobalah untuk mengikuti jadwal ini dengan benar. Jangan mencoba untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus karena hal ini justru akan mengacaukan jadwal yang sudah Anda buat.

5. Membuat to-do-list yang fleksibel

7 Alat Tulis Kuno yang Masih Diperlukan Saat Kerja di Kantor | via: simple.wikipedia.org

Ya, Anda memang tidak dianjurkan untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, tetapi bukan berarti Anda tidak boleh untuk membuat rencana pekerjaan yang fleksibel. To-do-list yang fleksibel akan membantu Anda untuk dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat ketika diperlukan.

(Vna/Ndw)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini