Sukses

Ketua Kadin Baru Diharapkan Bisa Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Sejumlah tokoh menyatakan siap maju menjadi calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Kadin Indonesia yang baru harus mampu melakukan terobosan di tengah-tengah kondisi ekonomi yang belum membaik. Diharapkan , terobosan tersebut mampu membawa perekonomian Indonesia tumbuh sesuai dengan yang ditargetkan pemerintah yaitu 5,3 persen di 2016 nanti.

Dewan Penasihat Kadin Indonesia, Lukman Purnomosidi mengatakan, perekonomian Indonesia sedang dalam masa sulit. Terlihat, pertumbuhan ekonomi nasional sampai kuartal III 2015 berada di level 4,7 persen. Oleh sebab itu, ketua umum Kadin yang baru harus mampu memecah hambatan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Calon Ketua Umum harus orang yang betul-betul menguasai permasalahan ritel di lapangan," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (13/11/2015).


Lukman melanjutkan, ketua Kadin baru harus mampu mengetahui persis aturan dan praktik yang menghambat dunia usaha. Di luar itu, ketua kadin juga harus mampu memberikan masukan ke pemerintah untuk membangun situasi bisnis yang kondusif baik di sektor investasi maupun perpajakan.

Mengingat Indonesia sedang getol membangun sarana dan prasarana infrastruktur, ketua Kadin Indonesia mesti mampu memberikan usulan dalam skema kerja sama pemerintah dan swasta (public private partnership) yang lebih merangsang investor.

"Pembangunan infrastruktur ini sangat penting serta tengah didorong pemerintah dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi ke depannya," jelasnya.

Sebelumnya, Dailami Firdaus mengungkapkan bahwa tokoh-tokoh dalam bursa calon Ketua Kadin sudah sangat mumpuni. Pasalnya, ekonomi nasional benar-benar membutuhkan rangsangan saat ini. Ia mencontohkan Rachmat Gobel yang pernah menduduki jabatan sebagai menteri perdagangan, diharapkan bisa membangkitkan Kadin sebagai organisasi para pengusaha.

Dailami mengingatkan situasi ekonomi saat ini baik domestik maupun global, sangat tidak menguntungkan. Karena itu Ketua Umum Kadin terpilih nantinya perlu kerja keras dan melakukan terobosan secara cerdas guna meningkatkan daya saing usaha Indonesia.

Untuk diketahui, Kadin Indonesia akan mengelar Musyawarah Nasional. Sejumlah tokoh menyatakan siap maju menjadi calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020, antara lain Rachmat Gobel, Rosan Roeslani, dan Maxi Gunawan. (Gdn/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini