Sukses

Kurangi Konsumsi BBM, Pertamina Operasikan 4 SPBG Portabel

Keberadaan MRU Pertamina di beberapa tempat tersebut diyakini akan memudahkan para pengguna kendaraan berbahan bakar gas.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) resmi mengoperasikan empat unit Mobile Refuelling Unit (MRU), untuk mendukung program pemerintah mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Upaya mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) untuk kebutuhan transportasi dilakukan oleh Pertamina (Persero) dengan dioperasikannya MRU Pertamina di beberapa titik di DKI Jakarta dan sekitarnya," ‎kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, saat meresmikan MRU di, Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Menurut Dwi, empat unit dari tujuh unit MRU merupakan penugasan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan nilai investasi Rp 12 miliar per unit.


"Peresmian MRU ini adalah bukti komitmen Pertamina untuk mendorong penggunaan bahan bakar gas untuk transportasi semakin bertambah jumlahnya. Sambil terus berupaya mengembangkan pasar Envogas dari sisi permintaan, kami terus menambah infrastruktur pengisian gas sehingga semua stakeholder, termasuk kalangan ATPM menjadi semakin yakin akan prospek pasar kendaraan berbahan bakar gas di Indonesia di masa mendatang,‎" papar Dwi.

Keempat MRU tersebut masing-masing satu unit beroperasi di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, SPBG Pulogebang, Jakarta Timur, SPBU COCO Jl. Industri, Kemayoran, Jakarta Pusat, dan Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.‬ ‎Gas yang dijual MRU tersebut dibandrol Rp 3.100 per liter setara premium (lsp).

Keberadaan MRU Pertamina di beberapa tempat tersebut diyakini akan memudahkan para pengguna kendaraan berbahan bakar gas untuk mengisi bahan bakarnya dengan Compressed Natural Gas (CNG) dengan merek dagang Envogas, yang lebih bersih dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan BBM.

"MRU akan dioperasikan dan dikelola oleh Pertamina melalui perusahaan afiliasinya, PT Pertagas Niaga," tuturnya.

MRU adalah suatu unit pengisian bahan bakar gas berupa CNG yang dapat berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lain (mobile) dan penempatannya diprioritaskan untuk lokasi yang tidak terjangkau oleh pipa gas. Setiap MRU memiliki ukuran 20 ft dengan kapasitas storage sekitar 1.800 Lsp. ‬(Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.