Sukses

Kadin Jamin Munas Tahun Ini Lebih Transparan

Sejauh ini, telah ada dua kandidat calon ketua umum Kadin Indonesia yang resmi mendaftarkan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memastikan tingkat transparansi dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang akan berlangsung di Bandung pada 22-24 November 2015 akan lebih baik dibandingkan Munas sebelumnya.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, hal ini karena pada Munas yang juga akan dilaksanakan pemilihan ketua umum periode 2015-2020, baik para calon ketua umum maupun setiap anggota Kadin yang memiliki hak suara akan diharuskan menandatangi pakta integritas. Hingga saat ini setidaknya ada sekitar 130 pemegang suara pemilih dalam Munas tersebut.

"Berbeda dengan Munas sebelumnya, Munas kali ini dilakukan transparansi proses pemilihan yang sangat penting yaitu penandatangan pakta integritas tidak hanya dilakukan oleh calon ketum Kadin, tapi para pemegang suara juga ikut menandatangani," ujarnya, Jakarta, Selasa (17/11/2015).


Dia menjelaskan, pakta Integritas tersebut merupakan ikrar kesetian untuk berlaku jujur dan benar selama munas berlangsung. Setiap pemegang hak suara harus berkomitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Karena itu, pakta integritas ini ditekankan azas tranparansi sehingga sistem dan proses pemilihannya harus betul-betul transparan," kata dia.

Selain itu, dengan diikutsertakan pemegang hak suara dalam penantangan pakta integritas, lanjut Suryo, maka setiap anggota Kadin dan pemegang hak suara akan merasa lebih bertanggungjawab terhadap pelaksanaan Munas yang lebih bersih dan aman.

"Jadi tujuan ini kita lakukan supaya kebiasaan dalam dunia usaha terpelopori dengan adanya kebiasaan baru pakta integritas ini. Sehingga dalam dunia usaha apapun itu akan lebih transparan," tandasnya.

Sejauh ini, telah ada dua kandidat ketua umum Kadin Indonesia yang resmi mendaftarkan diri. Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel secara resmi mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2015-2020. Pendaftaran tersebut dilakukan pada Senin (16/11/2015).

Dalam konferensi pers yang digelar usai mendaftarkan diri, Rachmat menyatakan keikutsertaan dalam bursa calon ketua umum asosiasi pengusaha ini karena pengalaman dirinya selama bertahun-tahun menjadi pengurus Kadin Pusat.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P Roeslani secara resmi mendaftarkan diri sebagai kandidat ketua umum Kadin periode 2015-2020.

Rosan mengklaim telah mendapatkan dukungan dari sekitar 11 perwakilan Kadin provinsi seperti Kadin di Sumatera, Sulawesi Utara, dan Papua. Selain itu, pencalonan dirinya dirinya juga mendapat 22 asosiasi dunia usaha di Indonesia. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.