Sukses

Tips Mudah Jadi Orang Kaya

Saat gajian adalah momen yang menyenangkan, tapi terkadang uang yang didapatkan sudah habis sebelum ditabung di bank.

Liputan6.com, Jakarta - Saat gajian adalah momen yang menyenangkan. Namun terkadang uang yang didapatkan sudah habis sebelum ditabung di Bank. Biaya hidup jika hanya mengandalkan gaji diyakini tidak pernah bisa maju karena tidak memiliki uang simpanan.

Banyak orang memiliki pemikiran untuk mendapatkan keuntungan dari undian untuk menjadi kaya. Namun, jika kita dapat belajar dari cara beberapa jutawan di dunia dalam mengelola uang. Seperti yang dilansir dari lifehack.org, Selasa,(17/11/2015), uang para jutawan ini tumbuh dengan mudah dengan cara berikut.

1. Membuat anggaran dan perencanaan keuangan

Jika ingin uang Anda tumbuh, Anda harus mulai mengembangkan anggaran dengan cerdas dan membuat rencana keuangan. Sebuah anggaran dan rencana keuangan hanya dapat dilakukan jika Anda melakukannya dengan serius. Tuliskan penghasilan Anda dan hitung semua tagihan untuk melihat berapa banyak Anda harus menghabiskannya. Jika tagihan Anda lebih besar dari penghasilan, Anda perlu membuat beberapa penyesuaian dalam rencana keuangan.

Jika berencana ingin melakukan investasi, Anda harus menyelesaikan pembayaran tagihan bulanan Anda terlebih dahulu. Jika memiliki utang, tuliskan tujuan yang Anda ingin dapatkan untuk melunasi utang anda. Sisa uang yang ada, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak agar dapat berinvestasi.

2. Sumber penghasilan

Dengan memiliki penghasilan tetap dari hasil kerja mungkin sudah tercukupi. Namun, jika memiliki pekerjaan tambahan akan memberikan penghasilan ekstra pada Anda. Membuka usaha kecil dapat membantu Anda untuk memiliki rencana cadangan. Tips ini terutama penting jika penghasilan penuh waktu Anda tidak cukup menutupi semua kebutuhan bulanan.

Bekerja untuk diri sendiri, luangkan waktu untuk memulai bisnis Anda sendiri. Dengan menjual kosmetik via online, membuat clothing line di rumah, tidak ada yang lebih baik menjadi bos untuk diri sendiri. Sebagian besar orang dalam pekerjaannya menjadi jutawan untuk diri mereka sendiri.

3. Menabung

Sisihkan 25 persen gaji Anda untuk disimpan, hal tersebut bisa menyelamatkan Anda jika ada kebutuhan dana darurat. Cari cara yang mudah untuk menyimpan uang Anda, seperti menyimpannya di bank atau di dalam kotak. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk menyimpan uang lebih banyak.

Anda harus bisa menyimpan 25 persen dari penghasilan Anda. Semakin banyak Anda menyimpan uang, semakin banyak kesempatan berinvestasi baik kembali bisnis Anda sendiri. Banyak orang kaya yang memulai dari kecil dengan menabung, tetapi mereka memiliki tujuan untuk mencapai kesuksesan. Orang kaya juga menggunakan perencana keuangan untuk membantu mereka mengelola keuangan. Tetapi para orang kaya tersebut masih terkena masalah keuangan mereka.

(Adin/Zul)*

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini