Sukses

Pemerintah Ingin Jadikan Embung Jadi Lokasi Wisata di Daerah

Berdasarkan database Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane terdapat 180 situ yang ada di daerah tersebut.

Liputan6.com, Bogor - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan‎ Rakyat (PUPR) memiliki misi untuk menjadikan situ atau embung sebagai lokasi wisata kota. Salah satunya Situ Kebantenan di Cibinong, Bogor.

Pejabat Pembuat Komitmen Operasi dan Pemeliharaan‎ Situ Kebantenan Kementerian PUPR, Alexander Nandar menjelaskan, Situ Kebantenan ini nantinya akan dijadikan wisata kota dimana nantinya warga Cibinong dapat melakukan kegiatan santai secara gratis di tepian situ ini.

"‎Tujuannya nanti lokasi ini untuk olahraga dayung dan akan di tata kawasan ini untu wisata, ini rencana pemerintah daerah, kami apresiasi untuk program itu, kami dari kementerian mendukung," kata Nandar di ‎tepi Situ Kebantenan, Bogor, Rabu (18/11/2015).


Sesuai rencana pengembangan pemerintah daerah, Nantinya Situ Kebantenan ini akan digabungkan dengan Situ Cikaret yang jarak keduanya tidak terlalu berjauhan. Dengan penggabungan ini diharapkan fungsi situ ini akan lebih maksimal yaitu menampung air dari anak sungai Kali Ciliwung.

Saat ini kapasitas Situ Kebantenan sendiri mampu menampung debit air mencapai 180 ribu m3. Kapasitas ini diungkapkan Nandar mengalami peningkatan setelah pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR melakukan revitalisasi Situ Kebantenan ini.

"Mengenai aanggarannya untuk revitalisasi situ ini total Rp 7 miliar, itu digunakan mulai dari pengerukan, penataan kawasan, bagun jembatan, semua dari APBN-P 2015," tegas Nandar.

Nandar menambahkan sampai saat ini berdasarkan database Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane terdapat 180 situ. Namun sayangnya dari 180 situ itu, masih ada 15 situ yang dalam kondisi kritis dan perlu revitalisasi pemerintah pusat.

"15 ini nanti akan kita terus perbaiki secara bertahap, targetnya nanti akan selesai semua di tahun 2019," tutup Nandar. (Yas/Gdn)

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.