Sukses

Harga Minyak Naik Imbas Penurunan Aktivitas Pengeboran di AS

Harga minyak berbalik lebih tinggi pada perdagangan Jumat untuk mengakhiri volatilitas di pekan ini, setelah perhitungan luas menyaksikan ak

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak berbalik lebih tinggi pada perdagangan Jumat untuk mengakhiri volatilitas di pekan ini, setelah perhitungan luas menyaksikan aktivitas pengeboran AS menunjukkan penurunan.

Data jumlah sumur minyak AS terbaru dari Baker Hughes Inc menunjukkan penurunan dari 10 rig pada minggu terakhir, sebuah langkah besar dari yang terlihat dalam beberapa pekan terakhir.

Minyak mentah Light untuk pengiriman Desember, kontrak yang berakhir pada penyelesaian, kehilangan 0,4% menjadi US$ 40,39 per barel. Tepat sebelum penutupan, sedikit turun ke level $ 38,99, harga terendah sejak Agustus. Kontrak Januari lebih aktif naik 0,4% menjadi US$ 41,90 per barel.

Brent, minyak acuan atau patokan global, naik 1,1% menjadi US$ 44,66 per barel di ICE Futures Europe.

Minyak AS kehilangan 35 sen, atau 0,9%, untuk minggu ini, kehilangan minggu kelima dalam enam laga terakhir. Brent naik 19 sen, atau 0,4%, untuk minggu ini.

Harga berubah beberapa kali sepanjang hari. Harga batasan US$ 40 per barel bertahan meski ada pergerakan di bawah itu.

Jumlah rig pengeboran minyak di AS, yang dipandang sebagai proxy kasar untuk kegiatan di industri minyak, telah turun tajam sejak harga minyak mulai jatuh tahun lalu. Tapi minggu lalu jumlah rig naik untuk pertama kalinya dalam 11 minggu, dengan dua rig untuk 574, menyoroti ketahanan industri shale gas AS meskipun harganya kalah terus.

"Tingkat Produksi tampaknya telah stabil ... (tapi) menurut saya harga dasar tidak benar-benar berubah," kata Gene McGillian, analis di Tradition Energy seperti dilansir dari laman Wall Street Journal, Sabtu (21/11/2015)

Itu adalah kepercayaan umum, dengan sentimen investor terhadap minyak mentah yang tersisa lemah meskipun ketahanan berada di level sekitar US$ 40.

The US Energy Information Administration pada Rabu lalu mengatakan, persediaan minyak mentah domestik naik 252.000 barel pekan lalu, kurang dari yang diharapkan oleh pasar. Namun, persediaan minyak AS yang dekat tingkat yang tidak terlihat untuk saat ini tahun setidaknya 80 tahun terakhir.

Penyedia data Genscape Inc juga mengatakan bahwa stok di Cushing, Okla., Titik pengiriman untuk benchmark kontrak berjangka AS, naik 1,8 juta barel hanya antara Jumat dan Selasa, menurut orang yang telah meninjau laporan tersebut. (Zul/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini