Sukses

Orang Terkaya RI Ajak Masyarakat Beramal Lewat Yayasan Ini

CT Arsa Foundation bermula dari niat untuk membantu anak-anak korban tsunami Aceh pada Desember 2004.

Liputan6.com, Jakarta - CT Arsa Foundation, sebuah organisasi nirlaba mandiri yang didirikan oleh pengusaha dan salah satu orang terkaya RI, Chairul Tanjung, yang juga telah genap berusia 10 tahun pada tahun ini.

Ketua CT Arsa Foundation Anita Ratnasari Tanjung, istri dari Mantan Menko Perekonomian ini mengatakan, usia yang telah mencapai satu dekade ini merupakan saat yang tepat bagi yayasan amal ini untuk membuka diri kepada masyarakat luas terhadap program yang telah dilaksanakan selama ini.

"Dengan harapan, lebih banyak lagi masyarakat dan pihak-pihak yang memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/11/2015).

Dia menjelaskan, CT Arsa Foundation bermula dari niat untuk membantu anak-anak korban tsunami Aceh pada Desember 2004. Dan pada Januari 2005, lebih dari 400 anak korban tsunami dengan usia beragam ditampung dan diberikan tempat tinggal di daerah Deli Serdang, Sumatera Utara dengan nama Rumah Anak Madani.

"Dengan harapan agar anak-anak ini terlepas dari trauma musibah tsunami," lanjut dia.

Kemudian pada 2010, sebagian besar anak-anak Rumah Anak madani ini telah menyelesaikan jengjang sekolah dan fasilitas rumah yang masih berdiri diberdayakan menjadi sekolah menengah atas (SMA) unggulan di bawah naungan Chairul Tanjung (CT) Foundation.

"Para siswa yang terpilih untuk belajar di SMA tersebut telah melewati serangkaian ujian masuk yang meliputi kemampuan akademik yang tinggi, serta berasal dari keluarga tidak mampu. Ini syarat utama dari penerimaan siswa SMA Ungggulan CT Foundation," jelasnya.

Hingga saat ini, dari 261 siswa yang masuk dalam tiga angkatan di SMA Unggulan tersebut, sebanyak 227 siswa telah diterima di berbagai perguruan tinggi negeri baik dengan bea siswa bidik misi maupun non bidik misi, perguruan tinggi ikatan dinas, dan beberapa perguruan tinggi swasta.

"Sisanya langsung bekerja dan melakukan kegiatan wiraswasta," tandasnya.

Selain Rumah Anak Madani dan SMA Unggulan, CT Arsa Foundation juga menjalankan beberapa program lain seperti program pendidikan berkarater untuk anak-anak usia dini, mobil sehat CT Arsa Foundation, Arsa Kerajinan Tradisional Indonesia, mobil pintar, dan Yayasan Mitra Netra. (Dny/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini